Program Indonesia Pintar (PIP) adalah suatu program pemberian bantuan pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin (pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, dan korban bencana alam/musibah. Salah satu wilayah yang melaksanakan Program Indonesia Pintar (PIP) adalah Kabupaten Mojokerto. Program Indonesia Pintar (PIP) dilaksanakan diseluruh satuan pendidikan di Kabupaten Mojokerto, salah satunya adalah SMP Negeri 1 Dawarblandong. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 1 Dawarblandong KabupatenMojokerto.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian berdasarkan 6 (enam) criteria evaluasi kebijakan menurut William N Dunn yang meliputi: Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan, Perataan, Responsivitas, dan Ketepatan. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teknik oleh Miles dan Huberman.
Hasil Penelitian Evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 1 Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, yaitu: 1) Efektivitas, dapat dikatakan sudah efektif karena tidak pernah terdapat kasus siswa putus sekolah di SMP Negeri 1 Dawarblandong dan sudah berjalan sesuai dengan petunjuk teknis yang ditetapkan, 2) Efisiensi, masih kurang efisien karena proses pencairan yang tidak tepat waktu dan pihak sekolah kesulitan untuk memantau penggunaan dana bantuan, 3) Kecukupan, masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah siswa yang kurang mampu, 4) Perataan, masih belum merata diberikan terhadap kelompok sasaran, 5) Responsivitas, yaitu respon yang diberikan pihak pelaksana dan kelompok sasaran sangat baik dan positif, 6) Ketepatan, Program Indonesia Pintar (PIP) masih belum tepat sasaran. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 1 Dawarblandong belum berjalan dengan baik. Saran dari peneliti adalah lebih selektif dalam menentukan kelompok sasaran dan konsisten lagi dalam melakukan pengontrolan kepada peserta penerima Program Indonesia Pintar (PIP) dalam menggunakan dana bantuan.
Kata kunci: Evaluasi, Program Indonesia Pintar (PIP)
The Program Indonesia Pintar (PIP) is a program of providing educational assistance to school-aged children (aged 6-21 years) who come from poor, vulnerable, poor families (holders of Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), participants of the Program Keluarga Harapan (PKH), orphans , people with disabilities, and victims of natural disasters / disaster One of the regions implementing the Program Indonesia Pintar (PIP) is Mojokerto District, the Program Indonesia Pintar (PIP) is implemented in all education units in Mojokerto Regency, one of which is SMP Negeri 1 Dawarblandong. aims to describe and analyze the Evaluation of the Program Indonesia Pintar (PIP) in SMP Negeri 1 Dawarblandong,Mojokerto District.
The type of research used is descriptive with a qualitative approach. The focus of the research is based on 6 (six) policy evaluation criteria according to William N Dunn which include: Effectiveness, Efficiency, Adequacy, Flattening, Responsiveness, and Accuracy. The data analysis technique was carried out based on the technique by Miles and Huberman
Research Results of the Program Indonesia Pintar (PIP) Evaluation in SMP Negeri 1 Dawarblandong, Mojokerto District, namely: 1) Effectiveness, implementation has been cases of dropout students in SMP Negeri 1 Dawarblandong and have been in accordance with technical guidelines set, 2) Efficiency, is still less efficient due to improper disbursement processes time and the school is having difficulty monitoring the use of aid funds, 3) Adequacy, is still not enough to meet the needs of schools for underprivileged students, 4) Alignment, is still not evenly given to the target group, 5) Responsiveness, that is, the response given by the implementing party and the target group is very enthusiastic, 6) Accuracy, the Program Indonesia Pintar (PIP) is still not on target. It can be concluded that the implementation of the Program Indonesia Pintar (PIP) at SMP Negeri1
Dawarblandong has not gone well. Suggestions from researchers are more selective in determining target groups and more consistent in controlling the participants of the Program Indonesia Pintar (PIP) in using aid funds.
Keywords: Evaluation, Program Indonesia Pintar (PIP)