ABSTRAK
ANALISIS PENGGUNAAN QUICK MATHEMATICS FORMULA PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SDN KEDURUS III/430 SURABAYA
Nama : Reny Ayuningtyas
NIM : 15010644112
Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Ika Rahmawati, S.Si., M.Pd.
Berawal dari permasalah permasalah yang ada pada matematika, yang sebagian besar adalah terkait rumus matematika, sehingga matematika dikatakan sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Misalnya saja pada materi pecahan yang kebanyakan siswa ketika mendapatkan permasalahan terkait operasi hitung penjumlahan dan pengurangan akan secara langsung menambahkan dan mengurangi pembilang serta penyebutnya. Dari kesalahan-kesalahan tersebut telah diberikan sebuah inovasi lain dari matematika seperti Quick Mathematics Formula yang dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran Matematika. Namun kemampuan pemecahan masalah siswa jika menggunakan Quick Mathematics Formula itulah yang perlu diketahui. Dalam pemecahan masalah tentulah ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, sekalipun itu menggunakan Quick Mathematics Formula. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan Quick Mathematics Formula, kreativitas serta hasil belajar saat menggunakan Quick Mathematics Formula pada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN Kedurus III/430 Surabaya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas VA dan VB, guru kelas VA dan VB , serta wali murid VA dan VB. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, rubrik penskoran, dan juga studi dokumentasi, dengan instrumen berupa lemcbar wawancara, lembar observasi, lembar angket, pedoman penskoran dan lembar penilaian rubrik, serta studi dokumentasi. Setelah data yang dibutuhkan telah terpenuhi kemudian melakukan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan Quick Mathematics Formula berbeda-beda tiap siswanya ada yang sudah benar-benar menjalankan semua langkahnya dan ada yang tidak. Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah juga ada yang menggunakan Quick Mathematics Formula dan ada yang tidak. Dalam hal ini siswa termasuk kreatif karena mampu memecahkan masalah dengan banyak cara yang berbeda. Hasil belajar siswa jika dilihat dari pemecahan masalahnya, masih ada yang di bawah KKM namun ada juga yang sudah memenuhi bahkan di atas KKM. Beberapa siswa yang hasil belajarnya masih rendah di sebabkan masih adanya beberapa kendala dalam pemecahan masalah seperti belum menguasai perkalian dan tidak mampu memahami soal yang ada. Hal tersebut dapat diatasi dengan melatih pemecahan masalah siswa sedikit demi sedikit agar siswa terbiasa, selain itu juga dapat memberikan pembelajaran lagi terkait perkalian pada siswa
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Quick Mathematics Formula, Pemecahan Masalah.
ABSTRACT
ANALYSIS OF QUICK MATHEMATICS FORMULA ON STUDENT’S PROBLEM SOLVING ABILITY IN FIFTH GRADE SDN KEDURUS III/430 SURABAYA
Name : Reny Ayuningtyas
Study Program : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Faculty : Ilmu Pendidikan
Institute : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Ika Rahmawati, S.Si., M.Pd.
Starting from the problems in mathematics, most of which are related to mathematics formulas, so mathematics is said to be a difficult and boring lesson. For example, in the fraction lesson that most of students getting problems related to addition and subtraction operations will directly add and reduce the numerator and the denominator. From these errors, another innovation from mathematics has been given such as the Quick Mathematics Formula that used as an alternative in mathematics learning. But the problem solving ability of students if they use the Quick Mathematics Formula that needs to be known. In solving problems there must be several steps that must be considered, even though usig the Quick Mathematics Formula. Therefore, this research aims to describe the process of using the Quick Mathematics Formula. creativity and learning outcomes when using the Quick Mathematics Formula on problem solving abilities of fifth grade students of SDN Kedurus III/430 Surabaya
This research included a qualitative descriptive research with the subjects is VA and VB class students, VA and VB class teachers, and VA and VB student guardians. Data collection techniques use interviews, observations, questionnaires, scoring rubrics, and also documentation studies, with instruments in the form of interview sheets, observation sheets, questionnaires, scoring guidelines and rubric assessment sheets, also documentation studies. After the data needed has been fulfilled, then do the data analysis techniques with data reduction, data presentation, and verification.
The results showed that students' problem solving abilities using the Quick Mathematics Formula is different for each student, had actually done all the steps and some were not. Students' creativity in solving problems also uses the Quick Mathematics Formula and some do not. In this case students are creative because they are able to solve problems in many different ways. Student learning outcomes that viewed from solving the problem, they are still under the KKM but some have fulfilled, even exceeded the KKM. Some students whose learning outcomes are still low are caused by some problems in solving problems such as can’t multiply and being unable to understand the questions. This can be overcome by making students problem solving little by little so that students get used to it, while providing learning related to the multiplication of students. This can be overcome by practicing student problem solving little by little so that students get used to it, besides that, it can also provide more learning about multiplication to students
Keywords: Mathematics Learning, Quick Mathematics Formula, Problem Solving.