Pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar tentu harus menggunakan media pembelajaran yang relevan untuk mendukung kegiatan proses pembelajaran. Pada anak usia Sekolah Dasar tentunya masih senang dengan bermain. Salah satu guru di SDN Babatan I/456 Surabaya menggunakan permainan congklak untuk menanamkan konsep perkalian.Dalam permainan ini guru menanamkan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pemanfaatan permainan congklak terhadap penanaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang pada siswa kelas II di SDN Babatan I/456 Surabaya, (2) Mengetahui efektivitas pelaksanaan permainan congklak terhadap penanaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang pada siswa kelas II di SDN Babatan I/456 Surabaya, (3) Mengetahui hasil belajar siswa apabila ditinjau berdasarkan aspek ranah psikomotornya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan : (1) Wawancara, (2) Observasi tentang penggunaan congklak, (3) Angket. Teknik untuk mengecek keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan congklak untuk penanaman konsep perkalian memberikan efek positif pada siswa karena setelah bermain cngklak mereka bisa memahami konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang, (2) Siswa sangat antusias dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci : Perkalian, Permainan Congklak, Penjumlahan Berulang
Learning in elementary school must use relevant learning media. The age of elementary school students is certainly still happy to play. One of teacher in SDN Babatan I/456 Surabaya used Congklak for learning multiplication concept as repeated additions. In this games, the teacher learning about multiplication concept as repeated addition through use of Congklak. This research aims to describe : (1) The use of Congklak games for learning multiplication concept in class 2 students of State Elementary School Babatan I/456 Surabaya, (2) The effect of Congklak Games for cognitive knowledge, (3) The study result of psychomotor.
This research used qualitative method. Data collection technique using : (a) Interviews, (b) Observation about the use of Congklak Games, (c) Questionnares.The techniques to check the valifity of data used triangulation of sources and triangulation techniques. Analysis of data used data redustion, presentation and verification.
The result of this research indicated that : (1) The used of Congklak Games for learning multiplication concept have a positive impact for students because after playing Congklak Games the students know about multiplication concept, (2) When playing Congklak Games the students are interested to join the learning.
Keywords : Multiplication Concept, Congklak, Repeated Addition