ABSTRAK
Nama : Mudhalika Mauleni Saputri
NIM 19010644223
Program Studi :
S – 1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah
Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing
Pembimbing : Dr. Heru Subrata, M.Si
Perlu adanya variasi media pembelajaran yang dapat menarik
perhatian siswa, yang menyenangkan
dan media yang dapat memfasilitasi siswa untuk melakukan suatu kegiatan sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam
belajar serta mempermudah guru dalam
menyampaikan materi kepada siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran gambar berseri
digital pada keterampilan menulis
narasi di kelas IV sekolah
dasar di SD Labschool 2 Surabaya. Metode penelitian ini kuantitatif dengan jenis jenis penelitian eksperimen dan desain yang digunakan pretest-posttest control
group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD
Labschool UNESA 2 Surabaya. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Labschool Unesa 2 Surabaya tahun pelajaran 2022/2023. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling. . Sampel penelitian, yaitu 2 kelas yakni
kelas IV A dan IV B Jadi kelas yang
ditetapkan menjadi sampel penelitian berjumlah 46 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang
telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, media pembelajaran gambar berseri digital
dalam pembelajaran menulis
narasi efektif dan berpengaruh positif digunakan dalam pembelajaran menulis
narasi di sekolah
dasar. Berdasarkan hasil penelitian dengan perhitungan menggunakan SPSS ditemukan
rata-rata posttest kelompok kontrol
adalah 12,043 dan kelompok eksperimen adalah 12,478. Dengan selisih diantara
keduanya adalah 0,435. Pada pengolahan data diperoleh nilai Sig (2 tailed)
0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, hipotesis yang diajukan
diterima yakni terdapat keefektifan penggunaan media pembelajaran