Goa Akbar Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan Sosial
Goa Akbar as a Source of Social Science
Sumber belajar IPS adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan belajar yang mencakup pengalaman yang telah dialami dan menimbulkan peristiwa yang dijadikan rujukan untuk mengumpulkan inforasi yang berkaitan dengan pembelajaran materi IPS. Goa Akbar merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Tuban yang terletak di Pusat Kota Tuban dan bisa dijadikan untuk salah satu sumber belajar IPS yang ada di sekolah. Namun, potensi Goa Akbar kurang dimanfaatkan masyarakat sekitar dalam pembelajaran yang berbasis pada objek wisata daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi Goa Akbar dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS yang ada di Kabupaten Tuban. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu potensi Goa Akbar dapat digunakan sebagai objek pembelajaran IPS dalam berbagai aspek yaitu aspek sosial, aspek geografi, aspek ekonomi yang tentunya memudahkan peserta didik untuk memahami objek dari aspek pembelajaran IPS yang didapatkan secara langsung. Manfaat dari aspek geografi yang diperoleh adalah peserta didik mengetahui stalagtit dan stalagmite, keberadaan habitat kelelawar, dan keberadaan karst yang terdapat di Goa Akbar. Peserta didik yang mengunjungi Goa Akbar secara tidak langsung juga membantu perekonomian masyarakat di sekitar Goa Akbar. Masyarakat di sekitar Goa Akbar juga melakukan kegiatan ekonomi dengan berdagang di sekitar Goa Akbar. Goa Akbar menjadi salah satu SPAD (sumber pendapatan asli daerah) multiplayer effect yang dirasakan oleh masyarakat sekitar, selain itu juga memajukan UMKM batik Gedog yang ada di Kabupaten Tuban. Sehingga dari beberapa manfaat yang terdapat di Goa Akbar dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS untuk peserta didik. Kata Kunci: Sumber Belajar IPS, Potensi, Goa Akbar, Aspek Geografi
Social studies learning resources are everything that can be used for learning purposes which includes experiences that have been experienced and led to events that are used as references to collect information related to learning social studies material. Goa Akbar is one of the tourist attractions in Tuban Regency which is located in Tuban City Center and can be used as one of the social studies learning resources in schools. However, the potential of Goa Akbar is underutilized by the surrounding community in learning based on regional tourism objects. The purpose of this study was to determine the potential of Goa Akbar to be used as a social studies learning resource in Tuban Regency. The research method used in this research is descriptive qualitative method using data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The results of this study are the potential of Goa Akbar to be used as an object of social studies learning in various aspects, namely social aspects, geographical aspects, economic aspects which of course make it easier for students to understand objects from social studies learning aspects that are obtained directly. The benefit of the geographical aspect obtained is that students know about stalactites and stalagmites, the existence of bat habitats, and the presence of karst in Goa Akbar. Students who visit Goa Akbar indirectly also help the economy of the community around Goa Akbar. Communities around Goa Akbar also carry out economic activities by trading around Goa Akbar. Goa Akbar is one of the SPAD (sources of local original income) multiplayer effect that is felt by the surrounding community, besides that it also promotes Gedog batik SMEs in Tuban Regency. So that from some of the benefits found in Goa Akbar, it can be used as a social studies learning resource for students.
Keywords: Social Studies Learning Resources, Potential, Great Caves, Geographical Aspects