Tindak tutur bertanya temporal masih belum ada yang meneliti secara khusus dan lengkap. Beberapa penelitian, kajian pustaka atau artikel ilmiah hanya menjelaskan dan membahas sebagai bagian dari bertanya. Bertanya merupakan salah satu jenis tindak tutur mengajak mitra tutur dengan cara bersama-sama (kolektif) menyelaraskan (berkomitmen) untuk mencari penemuan. Dari sana bisa ditemukan pengetahuan dan pengalaman dan kalimat yang menyelesaikan masalah yang dipertanyakan (Fingo. 2015 : 8). Penelitian ini mempunyai rumusan masalah mencari strategi penutur dan tanggapan mitra tutur dalam tindak tutur bertanya temporal di Dusun Balong, Desa Gerih, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi. Penelitian ini termasuk penelitian pragmatik yang menganalisis percakapan berdasarkan konteks. Hasil penelitian mengenai strategi penutur yang diambil dari makna temporal yang terbagi berdasarkan pernyataan waktu kemarin, sekarang dan besok. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, cara mengumpulkan data menggunakan teknik semak dan berbicara. Cara menjelaskan data menggunakan metode kategoris, teks, dan konteks. Cara memaparkan penelitian menggunakan deskriptif dan informal.
Jenis tindak tutur bertanya berdasarkan strategi penutur dipecah menjadi 12 (dua belas), yaitu: (1) terbuka langsung menyatakan waktu kemarin, (2) terbuka langsung menyatakan waktu sekarang, (3) terbuka langsung menyatakan waktu besok, (4) terbuka tidak langsung menyatakan waktu kemarin, (5) terbuka tidak langsung menyatakan waktu sekarang, (6) terbuka tidak langsung menyatakan waktu besok, (7) tidak terbuka langsung menyatakan waktu kemarin, (8) tidak terbuka langsung menyatakan waktu kemarin sekarang, (9) tidak terbuka langsung menyatakan waktu kemarin besok, (10) tidak terbuka tindak langsung menyatakan waktu kemarin, (11) tidak terbuka tindak langsung menyatakan waktu sekarang, dan (12) tidak terbuka tindak langsung menyatakan waktu besok. Kemudian, tanggapan mitra tutur terbagi menjadi dua, yaitu: (1) jawaban menunjukan, dan (2) jawaban menyelaraskan.
Kata Kunci: tindak tutur bertanya temporal, strategi penutur, tanggapan mitra tutur, konteks
Acts of speech asked temporally still no one has examined specifically and completely. Some research, literature studies or scientific articles only explain and discuss as part of asking. Asking questions is one type of speech act inviting speech partners in a collective way and committed to equalizing ideas. From there you can find knowledge and experience and sentences that solve the problem in question. (Fingo. 2015: 8). This research has the formulation of the problem of looking for speech strategies and speech partner responses in temporal questioning act in Balong hamlet, Gerih village, Ngawi Regency. This research includes pragmatic research that analyzes conversation based on context. The results of the research concerning the strategies of speakers taken from the temporal meaning which is divided based on the statement of time yesterday, now and tomorrow. This type of research is descriptive qualitative, how to collect data using bush techniques and speech techniques. How to explain data using categorical methods, text, and context. How to describe research using descriptive and informal.
Types of speech acts asked temporally based on speaker strategy are broken up into 12 (twelve), namely: (1) literal directly states the time yesterday, (2) literal directly states the time now, (3) literal directly states the time tomorrow, (4) literal indirectly states the time yesterday, (5) literal indirectly states the time now, (6) literal indirectly states the time tomorrow, (7) non-literal directly states the time yesterday, (8) non-literal directly states the time now, (9) non-literal directly states the time tomorrow, (10) non-literal indirectly states the time yesterday, (11) non-literal indirectly states the time now, and (12) non-literal indirectly states the time tomorrow. Then, the speech partner response is divided into two, among them: instruction and relevant.
Keywords: the speech act asked temporally, speaker strategy, speech partner responses, context.