Implementasi Supervisi Kelas dalam Mewujudkan Kinerja Guru Studi Multisitus di SDN Anggaswangi 2 dan SDN Klagen Kabupaten Sidoarjo
Implementation of Class Supervision in Realizing the Performance of Multisite Study Teachers at SDN Anggaswangi 2 and SDN Klagen, Sidoarjo Regency
Afrida Nur Laili, 2024. Implementasi Supervisi Kelas dalam Mewujudkan Kinerja Guru Studi Multisitus di SDN Anggaswangi 2 dan SDN Klagen Kabupaten Sidoarjo.Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd, Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Supervisi Kelas di SDN Anggaswangi 2 dan SDN Klagen, yang meliputi 1. Bagaimana implementasi supervisi kelas dalam mewujudkan kinerja guru mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi kelas di SDN Anggaswangi 2 dan SDN Klagen, 2. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi supervisi kelas dalam mewujudkan kinerja guru di SDN Anggaswangi 2 dan SDN Klagen, 3. Bagaimana dampak impelementasi supervisi kelas dalam mewujudkan kinerja guru di SDN Anggaswangi2 dan SDN Klagen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni kondensasi data, penyajian data display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implementasi supervisi kelas dalam mewujudkan kinerja guru dilakukan melalui tiga tahapan yakni perencanaan supervisi kelas, pelaksanaan supervisi kelas dan evaluasi supervisi kelas. Tahapan perencanaan supervisi kelas diantaranya penentuan tujuan supervisi, pemilihan fokus supervisi, penentuan waktu dan jadwal, serta pemilihan metode supervisi. Dalam hal ini kepala sekolah menetapkan tujuan yang jelas dalam supervisi kelas. Selanjutnya kepala sekolah memilih bagian-bagian tertentu dari pembelajaran yang akan diamati selama supervisi. Tahap pelaksanaan supervisi kelas diantaranya, mengamati proses pembelajaran, pengumpulan data selama pembelajaran, pencatatn temuan selama supervisi, serta penilaian dan dokumentasi. Dalam hal ini kepala sekolah mengamati secara langsung proses pembelajaran yang berlangsung di kelas. Selanjutnya kepala sekolah mengumpulkan informasi dan bukti terkait dengan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas. Tahap evaluasi supervisi kelas diantaranya analisis data, pemberian umpan balik, refleksidan diskusi, serta tindak lanjut. Kepala sekolah mengolah informasi yang diperoleh untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang kinerja guru dan menyampaikan temuan yang diperoleh dari observasi dan analisis data. Langkah selanjutnya membantu guru dan mengevaluasi praktik pembelajaran secara mendalam untuk membuat rencana perbaikan. 2. Faktor pendukung implementasi supervisi kelas dalam mewujudkan kinerja guru diantaranya kemampuan guru dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan kreatif serta adanya fasilitas yang memadai. Sedangkan fator penghambat yang ditemukan adalah ketidaksiapan guru dalam menyiapkan media ajar yang seesuai dengan karakteristik siswa. 3. Dampak meliputi dampak bagi guru dimana guru lebih terampil dalam mengajar dan meningkatkan cara mereka mengelola pembelajaran di dalam kelas. Dampak bagi siswa diantaranya siswa mendapat pengalaman belajar yang lebih baik sehingga dapat memahami materi dengan baik pula. Dampak bagi sekolah adalah memperbaiki standar pendidikan yang pada akhirnya memperbaiki rapor sekolah dan citra lembaga.
Kata Kunci implementasi supervisi kelas, proses supervisi kelas, studi multisitus, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru.
English 2024. Implementation of Class Supervision in Realizing the Performance of Multisite Study Teachers at SDN Anggaswangi 2 and SDN Klagen, Sidoarjo Regency. Thesis. Educational Management Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Advisors Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.
Study This study aims to describe the Implementation of Class Supervision at SDN Anggaswangi 2 and SDN Klagen, which includes 1. How the implementation of class supervision in realizing teacher performance starting from the planning, implementation and evaluation stages of class supervision at SDN Anggaswangi 2 and SDN Klagen, 2. What are the supporting and inhibiting factors for the implementation of class supervision in realizing teacher performance at SDN Anggaswangi 2 and SDN Klagen, 3. What is the impact of the implementation of class supervision in realizing teacher performance at SDN Anggaswangi2 and SDN Klagen. This study uses a qualitative approach with a multi-site study research design. Data collection techniques use in-depth interview methods, participant observation and documentation studies. Data analysis techniques used in this study are data condensation, data presentation data display, and drawing conclusions.
Results research shows that 1. The implementation of class supervision in realizing teacher performance is carried out through three stages, namely class supervision planning, implementation of class supervision and evaluation of class supervision. The stages of class supervision planning include determining the objectives of supervision, selecting the focus of supervision, determining the time and schedule, and selecting the supervision method. In this case, the principalsetting clear objectives in classroom supervision. The principal then selects specific parts of the learning to be observed during supervision.Class supervision implementation stageincluding, observing the learning process, collecting data during learning, recording findings during supervision, as well as assessment and documentation.In this case, the principal directly observes the learning process taking place in the classroom. Furthermore, the principal collects information and evidence related to the learning activities taking place in the classroom.. The stages of class supervision evaluation include:data analysis, feedback, reflection and discussion, and follow-up. The principal processes the information obtained to obtain a clear picture of teacher performance and conveys the findings obtained from observation and data analysis. The next step is to assist teachers and evaluate learning practices in depth to create improvement plans.2. Supporting factors for the implementation of class supervision in realizing teacher performanceincluding the ability of teachers to create active and creative learning and the availability of adequate facilities. Meanwhile, the inhibiting factor found was the unpreparedness of teachers in preparing teaching media that are in accordance with student characteristics. 3. Impactincludes the impact on teachers where teachers are more skilled in teaching and improve the way they manage learning in the classroom. The impact on students includes students getting a better learning experience so they can understand the material well too. The impact on schools is improving education standards which ultimately improves school reports and the image of the institution.
Keywords implementation of classroom supervision, classroom supervision process, multisite study, principal leadership, teacher performance.