STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
Nama
:
Achmad Nurhuda
NIM
17010714036
Program Studi
S-1
Jurusan
Manajemen Pendidikan
Fakultas
Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
Mohammad Syahidul Haq S.Pd., M.Pd
Tujuan dari Sistem Pendidikan Nasional untuk perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Akan tetapi tujuan tersebut berbanding terbalik dengan kondisi peserta didik yang menunjukkan perilaku tidak berkarakter, melalui tripusat kepala sekolah adalah yang bertanggungjwab di sekolah terhadap penguatan pendidikan karakter. Tujuan dari penulisan arikel ini untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter. Metode yang digunakan adalah riset kepustakaan dengan menggunakan tahapan identifikasi topik permasalahan, mencari kajian yang relevan, klasifikasi dan analisis data dan, menarik kesimpulan. Hasil strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pengintegrasian kedalam intrakulikuler dengan memberikan seluruh mata pelajaran bermuatan penguatan pendidikan karakter, kemudian strategi keteladanan dengan dua cara yakni keteladanan langsung dan tidak langsung, serta strategi pelibatan kedua orang tua dan masyarakat.
Kata kunci: Strategi, Kepala sekolah, Penguatan Pendidikan Karakter
PRINCIPAL'S STRATEGY IN STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION
Name
Study program
Department
Education Management
Faculty
Faculty of Education
Name of Institution
Surabaya State University
Supervisor
Mohammad Syahidul Haq, S.Pd., M.Pd
The purpose of the National Education System is to develop the potential of students to become human beings who believe and fear the Almighty God, are healthy, have noble character, knowledgeable, capable, creative, independent, and become democratic and responsible citizens. However, this goal is inversely proportional to the condition of students who show characterless behavior, through the tripusat the principal is the one who is responsible at school for strengthening character education. The purpose of writing this article is to determine the principal's strategy in strengthening character education. The method used is library research by using the stages of identifying problem topics, searching for relevant studies, classifying and analyzing data and drawing conclusions. The results of the principal's strategy in strengthening character education can be done by using a strategy of integration into the intraculars by providing all subjects with strengthening character education, then exemplary strategies in two ways, namely direct and indirect modeling, as well as strategies for involving both parents and the community.
Keywords: Strategy, Principal, Strengthening Character Education