THE EFFECTIVENESS OF SHADOW PUPPET MEDIA IN LEARNING MANDARIN STORYTELLING FOR STUDENTS OF CLASS XI IPA 2 SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO
Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas media Shadow Puppet dalam pembelajaran bercerita bahasa Mandarin. Penelitian ini berjenis kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian dilakukan pada Kelas XI IPA 2 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, dengan jumlah populasi 40 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA 2 yang dibagi menjadi dua kelompok penelitian, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, masing-masing kelompok terdiri dari 20 peserta didik. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data hasil posttest peserta didik menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan n1= 20 dan n2= 20 diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,004 < 0,05. Selain itu, peningkatan skor dan perbedaan rata-rata pada kelompok eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa media bercerita Shadow Puppet lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran bercerita bahasa Mandarin peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.
Kata Kunci: Keefektifan, Media Shadow Puppet, Pembelajaran Bercerita Bahasa Mandarin
Abstract
The purpose of this study was to determine the effectiveness of Shadow Puppet media in learning Mandarin storytelling. This research is a quantitative type. The method used in this research is Pre-Experimental Design with One Group Pretest-Posttest Experimental Design. The subjects in this study were class XI IPA 2 with a total of 40 students, overall, these students were used as an experimental group that was given treatment. While the research location used in SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. The collected data were then analyzed using descriptive statistics and inference statistics. The result of the student’s pretest-posttest data analysis used the paired sample at a significance level 5% with n=40 obtained a sig value (2-tailed) 0,012 < 0,05. Additionally, the mean difference in the pretest-posttest result of experimental group also increased, that is H0 is rejected Ha is accepted. Which mean that the effectiveness of Shadow Puppet media affects for learning Chinese storytelling of class XI IPA 2 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.
Key words: Effectiveness, Media Shadow Puppet, Chinese Storytelling.