Kata Kunci: Representasi, Perempuan dan alam, Semiotik Roland Barthes
Film Moana merupakah film animasi yang disutradarai oleh Sutradara Ron Clements dan John Musker pada tahun 2016. Film animasi Moana menceritakan tokoh Moana yang menyelamatkan lingkungan dengan mengembalikan jantung Ibu Bumi yang telah dicuri oleh Laki-laki bernama Moui. Pada setiap adegan yang diperankon oleh tokoh dalam cerita mengandung kode atau tanda yang secara simbolik bermakna tentang hubungan perempuan dan alam.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan makna denotasi dalam tanda yang merepresentasikan perempuan dan alam dalam film Moana karya Sutradara Ron Climent dan John Musker 2) mendeskripsikan makna konotasi dalam tanda yang merepresentasikan perempuan dan alam dalam film Moana Sutradara Ron Climent dan John Musker 3) mendeskripsikan mitos yang merepresentasi perempuan dan alam dalam film Moana Sutradara Ron Climent dan John Musker.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotik Roland Barthes. Pada teori semiotik Barthes terdapat tiga tahap pemaknaan pada sebuah tanda yakni tahap denotasi, konotasi dan mitos. Makna denotasi adalah pemaknaan yang dilakukan secara langsung dan bersifat informasional terhadap objek. Makna konotasi adalah proses pemaknaan secara simbolis dan dibutuhkan pengalaman pengamat untuk memaknai setiap tanda dalam objek. Mitos merupakan perkembangan dari makna konotasi yang disepakai oleh masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif yang berfokus pada karya sastra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Film Moana karya Sutradara Ron Climents dan John Musker. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan catat.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan yakni pertama makna denotasi dalam film Moana karya Sutradara Roy Climents dan John Musker, kedua makna konotasi dalam film Moana karya Sutradara Roy Climens dan Joy Musker, ketiga mitos dalam film Moana karya Sutradara Roy Climents dan John Musker.
Keywords : Representation, Women and nature, Semiotic Roland Barthes
The Moana film is an animated film directed by Director Ron Clements and John Musker in 2016. The animated film Moana tells the character of Moana who saved the environment by returning the heart of Mother Earth which was stolen by a man named Moui. Each scene portrayed by the characters in the story contains codes or signs that are symbolically meaningful about women's relationships and nature.
The purpose of this study is 1) to describe the meaning of denotation in the sign representing women and nature in the Moana film by Director Ron Climent and John Musker 2) to describe the connotation meaning in signs that represent women and nature in the film Moana Director Ron Climent and John Musker 3) describing myths that represent women and nature in the film Moana Director Ron Climent and John Musker.
The theory used in this study is Roland Barthes's semiotic. In Barthes's semiotic theory there are three stages of meaning in a sign that is the stage of denotation, connotation and myth. The denotation meaning is the meaning carried out directly and informational towards the object. The meaning of connotation is a symbolic process of meaning and the experience of an observer is needed to interpret every sign in an object. Myth is the development of the connotation meaning that is used by society.
This study uses an objective approach that focuses on literature. The data sources used in this study were Moana's film directed by Ron Climents and John Musher. The data collection technique used in this study is documentation and note-taking techniques.
Based on the results of the study obtained conclusions, namely the first denotation meaning in the Moana film directed by Roy Climents and John Musker, both connotation meanings in the Moana film directed by Roy Climens and Joy Musker, the three myths in the film Moana directed by Roy Climents and John Musker.