STRATEGI PEMASARAN MARKETING MIX PRODUK BULU MATA PALSU ELLASHES.PRO
MARKETING MIX STRATEGY FAKE EYELASHES PRODUCTS ELLASHES.PRO
Ellashes.pro merupakan sebuah merek produk bulu mata palsu yang sukses menjual produknya di pasaran. Perkembangan bisnis dari Ellashes.pro yang terjadi cukup pesat menyebabkan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang strategi pemasaran yang diterapkan oleh Ellashes.pro karena strategi pemasaran yang diterapkan menjadikan produk yang dijual diminati oleh banyak konsumen. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui srategi pemasaran produk bulu mata palsu yang diterapkan oleh Ellashes.pro. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengacu pada teori bauran pemasaran yang dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong yang terdiri dari 4 elemen yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: produk yang dijual oleh Ellashes.pro merupakan produk bulu mata palsu dengan kualitas premium yang tersedia dalam beberapa varian. Harga yang ditawarkan oleh Ellashes.pro juga cukup murah sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan. Selain memiliki tempat fisik yang letaknya cukup strategis, Ellashes.pro juga memiliki toko online di market place. Ada beberapa macam strategi promosi yang diterapkan oleh Ellashes.pro, namun yang paling berpengaruh terhadap penjualan produk yaitu strategi promosi dengan melakukan endorse kepada makeup artist yang memiliki puluhan ribu pengikut di akun instagram.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk, Bulu Mata Palsu
Ellashes.pro is a brand of false eyelashes that is successful in selling its products in the market. The business development of Ellashes.pro that occurred quite rapidly caused researchers to be interested in conducting research on the marketing strategies implemented by Ellashes.pro because the marketing strategies implemented made the products sold in demand by many consumers. The purpose of this research is to find out the marketing strategy of false eyelash products implemented by Ellashes.pro. This research is included in the type of qualitative descriptive research. The data collection technique used is by using observation, interview and documentation techniques. The data analysis technique used is descriptive qualitative data analysis through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This study refers to the marketing mix theory proposed by Kotler and Armstrong which consists of 4 elements consisting of product, price, place, and promotion. The results showed that: the products sold by Ellashes.pro are false eyelashes with premium quality which are available in several variants. The price offered by Ellashes.pro is also quite cheap so that it can be reached by all people. In addition to having a physical place that is quite strategically located, Ellashes.pro also has an online store in the market place. There are several kinds of promotional strategies implemented by Ellashes.pro, but the most influential on product sales is the promotional strategy by making endorsements to makeup artists who have tens of thousands of followers onaccounts Instagram.
Keywords:Marketing Strategy, Product, False Eyelashes