Kajian Pelayanan Fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pasca Pemasangan Lift Di Kota Surabaya
Study of Pedestrian Bridge (JPO) Facility Services Post Elevator Installation in Surabaya City
Kota Surabaya menjadi pusat perkembangan politik, ekonomi, pendidikan, budaya maupun industri khususnya di Indonesia bagian timur. Perkembangan dari beberapa sektor dapat mengakibatkan kepadatan lalu lintas dan pejalan kaki. Oleh sebab itu, Surabaya menyediakan prasarana penyeberangan salah satunya Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Jembatan penyeberangan merupakan prasarana bagi pejalan kaki yang dapat menjangkau keamanan, kenyamanan, dan memperkecil terjadinya tundaan maupun kecelakaan lalu lintas. Seiring berjalannya waktu Pemerintah Kota Surabaya melakukan penambahan fasilitas berupa lift pada sembilan titik jembatan penyeberangan yang ada di Kota Surabaya. Studi ini bertujuan mengetahui jumlah pengguna jembatan penyeberangan, kondisi fisik atau kondisi eksisting, mengetahui karakteristik dan kepuasan dengan wawancara responden. Tahapan survei volume pengguna jembatan penyeberangan dilakukan selama tujuh hari yaitu hari senin – minggu. Pelaksanaan survei ini dapat mengetahui volume pejalan kaki serta akitivitas pengguna jembatan penyeberangan di hari kerja dan hari libur.
Data kepuasan pengguna jembatan penyeberangan dianalisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), adapun indikator yang tersedia berdasarkan interprestasi Customer Satisfaction Index (CSI) bahwa rata-rata hasil presentase perhitungan tingkat kepuasan akses non lift sebesar 67,13% - 69.69% dan tingkat kepuasan akses lift 67,71% - 71,53%. berdasarkan kriteria tingkat kepuasan Customer Satisfaction Index (CSI), nilai presentase dikategorikan puas karena, dianggap mampu memenuhi kepuasan pengguna jembatan penyeberangan. Hasil pengelompokan 18 indikator pelayanan berdasarkan interprestasi Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan bahwa nilai tingkat kesesuaian dengan nilai terendah pada petugas keamanan 41.29% - 42.00% dan pos keamanan guna memantau kondisi jembatan penyeberangan terdapat nilai tingkat kesesuaian 30.62% - 41.46% merupakan hal penting yang diharapkan pengguna jembatan penyeberangan yang dalam pelaksanaannya belum memuaskan para pengguna Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kota Surabaya.
Kata Kunci: Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), Karakteristik Pejalan kaki, Customer Satisfaction Index (CSI)
ABSTRACT
Surabaya City is the center of political, economic, educational, cultural and industrial development, especially in eastern Indonesia. The development of several sectors can result in traffic congestion and pedestrians. Therefore, Surabaya provides crossing infrastructure, one of which is the People Crossing Bridge (JPO). The crossing bridge is an infrastructure for pedestrians that can reach safety, comfort, and minimize traffic delays and accidents. Over time the Surabaya city government added facilities in the form of elevators at nine crossing bridge points in the city of Surabaya. This study aims to determine the number of crossing bridge users, physical conditions or existing conditions, determine the characteristics and satisfaction with interview respondents. Stages of crossing bridge user volume surveys were carried out for seven days, Monday - Sunday. Implementation of this survey can determine the volume of pedestrians and the crossing bridge user activity on weekdays and holidays.
Data of crossing bridge user satisfaction data are analyzed using the Customer Satisfaction Index (CSI) method, while the indicators available are based on the Customer Satisfaction Index (CS) interpretation that the average percentage of non-lift access satisfaction calculation results are 67.13% - 69.69% and satisfaction level lift access 67.71% - 71.53%. based on the Customer Satisfaction Index (CSI) satisfaction level criteria, the percentage value is categorized as satisfied because, it is considered capable of meeting the satisfaction of crossing bridge users. The results of grouping 18 service indicators based on the Customer Satisfaction Index (CSI) interpretation show that the value of conformity with the lowest value of the security officer 41.29% - 42.00% and the security post to monitor the condition of the crossing bridge there is a value of conformity level of 30.62% - 41.46% is an important matter it is expected that users of the pedestrian bridge in its implementation have not yet satisfied the People Pedestrian Bridge (JPO) users in the city of Surabaya.
Keywords: Pedestrian Bridges, Characteristics of pedestrian, Customer Satisfaction Index (CSI)