PENGGUNAAN MEDIA KARTU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK AUTIS
CIRCUIT USE OF ILLUSTRATED STORY CARD MEDIA TO IMPROVE READING SKILLS OF AUTISTIC CHILDREN UNDERSTANDING
Anak autis mengalami keterlambatan berbahasa, terutama dalam memahami informasi tertulis yang mengakibatkan perbendaharaan kata rendah. Maka perlu solusi untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya penggunaan media pembelajaran kartu cerita bergambar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu cerita bergambar dalam kegiatan membaca pemahaman, melalui review literatur dengan mengadakan studi penelaahan buku, dan jurnal penelitian. Hasil kajian teori menyatakan bahwa penggunaan media kartu cerita bergambar merupakan suatu strategi pembelajaran yang cocok digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak autis. Setelah diberikan media kartu cerita bergambar, anak lebih aktif dalam melakukan aktivitas membaca dan mudah memahami bacaan.
Kata Kunci: kartu cerita bergambar, kemampuan membaca pemahaman, anak autis
Autistic children experience language delays, especially in understanding written information resulting in low vocabulary. So we need a solution to overcome this, one of them the use of illustrated story card learning media. The purpose of this study is to describe the use of illustrated story card media in reading comprehension activities, through literature review by conducting study studies of books, and research journals. The result of the theoretical study stated that the use of illustrated story card media is a learning strategy that is suitable for use in improving reading skills in understanding autistic children. After being given the illustrated story card media, children are more active in reading activities and easy to understand reading.
Keywords: illustrated story cards, reading comprehension, autistic children