Literasi sains adalah suatu tindakan untuk memahami sains dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model learning cycle 7E; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah diterapkan model learning cycle 7E; dan 3) mendeskripsikan respon peserta didik setelah diterapkan model learning cycle 7E. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan rancangan one-group pre-test post-test design. Penelitian ini menggunakan 3 kelas, yaitu dengan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi. Sampel penelitian ini diambil secara acak (random sampling) yaitu 80 peserta didik di SMA Negeri 2 Nganjuk. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes literasi sains, dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan pembelajaran dengan model learning cycle 7E terlaksana dengan baik; 2) penerapan pembelajaran dengan model learning cycle 7E dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dengan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik dilihat dari rata-rata n-gain berada dalam kategori sedang; 3) respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran dengan model learning cycle 7E pada materi gerak harmonik sederhana termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model learning cycle 7E dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.
Kata Kunci : Learning Cycle 7E, Literasi Sains, Gerak Harmonik Sederhana
Science literacy is an action to understand science and apply it in everyday life. This study aims to 1) describe the implementation of learning with the 7E learning cycle model; 2) describe the improvement of students' scientific literacy skills after the 7E learning cycle model is applied; and 3) describe the response of students after the 7E learning cycle model is applied. The type of research used is pre-experimental design with one-group pre-test post-test design. This study uses 3 classes, namely with 1 experimental class and 2 replication classes. The sample of this study was taken randomly, 80 students in Nganjuk 2 High School. The research instruments used in this study consisted of learning implementation observation sheets, scientific literacy test, and response questionnaires. The results showed that 1) the implementation of learning with the 7E learning cycle model was well implemented; 2) the application of learning with the 7E learning cycle model can improve students 'scientific literacy skills with an increase in students' scientific literacy skills seen from the average n-gain in the medium category; 3) students' response to the application of learning with the 7E learning cycle model on simple harmonic motion material is included in the good category. Based on the results of the study it can be concluded that learning with the 7E learning cycle model can improve students' scientific literacy skills.
Keywords : Learning Cycle 7E, Science Literacy, Simple Harmonic Motional