MASTERPIECE KIT: PENCIPTAAN KARYA SENI RUPA MENGGUNAKAN POLA APRESIASI PERMAINAN INTERAKTIF
MASTERPIECE KIT: CREATION OF FINE ARTS USING INTERACTIVE GAME APPRECIATION PATTERNS
Berlangsungnya era seni rupa kontemporer dalam wacana postmodernisme tidak banyak mengubah praktik seni rupa modern, namun dalam usaha dan reaksinya berhasil untuk melawan prinsip modernisme dimana tidak ada pemetakan seni tinggi dan seni rendah, yang mengkhususkan medium, orisinalitas dan universalitas seni untuk seni. Dalam hal ini penulis bertujuan untuk menciptakan sebuah karya seni yang mengangkat dari persoalan tersebut, dengan menjadikan karya seni menjadi lebih interaktif. Penulis mencoba untuk membangun wacana seni yang melibatkan pencipta dengan publik, tanpa menghadirkan stratifikasi konsep seni tinggi dengan seni rendah, dimana pola apresiasinya dijadikan sebuah bentuk permainan interaktif, dan membuat publik semakin dekat dengan karya seni. Alasan dasar penulis menggunakan medium permainan adalah sebagai bentuk pendekatan interaktif penulis dengan publik melalui karya seni untuk memisahkan jarak antara pencipta dengan apresian, dimana sebuah konsep karya seni penulis tetap berlandaskan pada konsep berfikir seni. Fokus penciptaan karya seni ini adalah menciptakan satu karya instalasi berupa paket gameboard untuk dimainkan apresian. Paket gameboard dengan judul Masterpiece Kit ini di pilih oleh penulis karena menyesuaikan latar belakang pekerjaan penulis sebagai desainer packaging produk f&b. Karya ini di buat dengan berbagai macam media dan teknik diantaranya cetak digital dan di Lukis secara manual.
Kata Kunci: Seni Rupa Kontemporer, Permainan, Interaktif.
The ongoing era of contemporary art in the discourse of postmodernism has not changed the practice of modern art much, but in its efforts and reactions succeeded to counter the principle of modernism where there is no mapping of high art and low art, which specializes in the medium, originality and universality of art for art. In this case, the author aims to create a work of art that raises from these issues, by making the artwork more interactive. The author tries to build an art discourse that involves the creator with the public, without presenting a stratification of the concept of high art with low art, where the pattern of appreciation is made into an interactive game form, and brings the public closer to the artwork. The basic reason why authors use the medium of play is as a form of interactive approach of the author with the public through works of art to separate the distance between the creator and appreciation, where a concept of the author's artwork remains based on the concept of thinking art. The focus of creating this artwork is to create an installation work in the form of a gameboard package to play with appreciation. This gameboard package with the title Masterpiece Kit was chosen by the author because it adjusted the background of the author's work as an f&b product packaging designer. This work is made with a variety of media and techniques including digital printing and painting manually.
Keyword : Contemporary Art, Games, Interactive.