Membangun Budaya Akademik Melalui Literasi Informasi di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19
Building Academic Culture Through Information Literature in Universities during The Covid-19 Pandemic
Pandemi covid-19 terdapat kebijakan pembelajaran secara daring dalam upaya menghindari penyebaran virus SARS-CoV-2, akan tetapi pembelajaran daring tidak berdampak pada peningkatan literasi informasi pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana membangun budaya akademik. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi pustaka dengan telaah hasil penelitian terdahulu sesuai dengan tema penelitian. Proses analisis yang dilakukan adalah data yang telah terkumpul dan diklasifikasikan sesuai dengan rumusan masalah akan dianalisis berdasarkan isi yang kemudian dari hasil analisis dan interpretasi ini akan digunakan dalam mengambil kesimpulan yang akan dilengkapi dengan memberi saran. Adapun hasil penelitian ini pandemi covid-19 merupakan sebuah momentum dalam membangun budaya akademik melalui literasi informasi secara sistematis melalui tahapan transformasi nilai, transaksi nilai, hingga internalsiasi nilai, hal ini perlu adanya manajemen pendidikan tinggi melalui kebijakan pimpinan, peran-peran SDM di perguruan tinggi, membangun sarana dan prasarana selama pembelajaran daring agar proses pembelajaran daring dan pembangunan budaya berjalan secara efektif dan efisien.
Kata kunci : budaya akademik, literasi informasi, pembelajaran daring, pandemi covid-19, manajemen pendidikan tinggi.
Covid-19 pandemic, there is online learning policy in an effort to avoid the spread of the SARS-CoV-2 viruses, but online learning will not have impact on increasing information literacy in students. The purpose of his study is to explain how to build an academic culture to improve information literacy in students. The method used in this study uses a qualitative research type of literature study by reviewing the results of previous research in accordance with the research theme. The analysis process carried out is data tat has been collected and classified according to the formulation of the problem to be analyzed based on the content which then from the results of this analysis and interpretation will be used making conclusions which will be equipped with suggestions. As for the results of this study, the covid-19 pandemic is a momentum in building academics through systemiatic information literacy through value transformation, value transactions, to value internalization, this requires higher education management through leadership policeies, human resource roles in universities, building learning facilities and infrastructure so that the online learning process and cultural deveopment run effectively and efficiently.
Keywords: academic culture, information literacy, online learning, covid-19 pandemic, higher education management.