MANAJEMEN SARANA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA
MANAGEMENT OF LEARNING FACILITIES AS AN EFFORT TO INCREASE STUDENT ACHIEVEMENT
Sarana pembelajaran memegang peranan penting sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi siswa. Ketika sarana pembelajaran terpenuhi dan sesuai standar nasional pendidikan maka akan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Prestasi siswa didukung oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Sarana pembelajaran termasuk dalam faktor eksternal. Sarana pembelajaran yang terpenuhi akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Ketika motivasi belajar siswa meningkat maka akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dalam pengadaan sarana pembelajaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni prosedur perencanaan, proses pengadaan, pemeliharaan, pengunaan dan pemanfaatan serta monitoring dan evaluasi. Sekolah harus memiliki kebijakan, peraturan, dan pedoman yang jelas mengenai kenyamanan dan keselamatan penggunaan sarana pembelajaran. Setup dalam manajemen sarana pembelajaran juga harus yang efektif dan efisien. Pada kenyataannya realita yang terjadi masih terdapat banyak lembaga pendidikan yang tidak memenuhi standar dalam pengadaan manajemen sarana pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, penggunaan serta monitoring dan evaluasi dalam lembaga pendidikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan system review. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara terpenuhi sarana pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Learning facilities play an important role in an effort to improve student achievement. When learning facilities are met and according to national education standards, it will create a pleasant learning atmosphere. Student achievement is supported by several factors, namely internal factors, and external factors. Learning facilities are included in external factors. Learning facilities that are fulfilled will increase students' learning motivation. When students' learning motivation increases, it will affect student achievement. In the procurement of learning facilities, there are several things that need to be considered, namely planning procedures, procurement processes, maintenance, use, and utilization as well as monitoring and evaluation. Schools must have clear policies, regulations, and guidelines regarding the comfort and safety of using learning facilities. The setup in the management of learning facilities must also be effective and efficient. In fact, the reality is that there are still many educational institutions that do not meet the standards in the procurement of learning facilities management. This research was conducted to determine the planning, procurement, maintenance, use and monitoring, and evaluation in educational institutions. The method in this study uses a qualitative method with a systematic review approach. The results of this study that there is a relationship between the fulfillment of learning facilities can improve student achievement.