Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar dalam dimensi pengetahuan, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMPN 6 Sidoarjo yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5Edapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan kategori sangat baik pada setiap pertemuan. Berdasarkan analisis N-Gain diperoleh 34% siswa mendapatkan skor N-Gain dengan kategori sedang dan 66% siswa dengankategori tinggi. Adapun pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E direspon positif dengan kategori sangat baikpada setiap pernyataan yang diberikan dengan kategori sangat baik.
This study aims to describe the feasibility of learning, the completeness of learning outcomes in the dimensions of knowledge, and student responses to the implementation of the 5E Learning Cycle learning model. The type of research used in this study was pre-experimental design with one group pretest and posttest design. The subjects used in this study were students of class VIII-E of SMPN 6 Sidoarjo, amounting to 36 students. The results showed that the application of the 5E Learning Cycle learning model could improve student learning outcomes as indicated by the results of the implementation of learning to get a very good category at each meeting. Based on the N-Gain analysis obtained 34% of students get the N-Gain score with the medium category and 66% of the students with the high category.