Meningkatkan Kompetensi Menulis Siswa Melalui Grammarly
Fostering Students' Writing Competence Through Grammarly
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi Grammarly untuk mengembangkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini juga akan mendeskripsikan penerapan aplikasi Grammarly dalam kegiatan menulis teks recount, hasil tulisan siswa, dan tanggapan siswa terhadap penerapan aplikasi Grammarly dalam kegiatan menulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interpretatif karena penelitian ini mencoba mendeskripsikan penerapan aplikasi Grammarly untuk membantu siswa dalam menulis teks bahasa Inggris khususnya teks recount. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, pekerjaan siswa, dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aplikasi Grammarly berhasil diterapkan untuk membantu siswa dalam kesalahan penulisan seperti kesalahan tata bahasa dan mekanik. Namun, siswa tidak mempertimbangkan penggunaan kosakata karena mereka tidak mencoba mencari sinonim dari kata asing dari teks mereka. Selain itu, tanggapan siswa menunjukkan bahwa siswa akan menggunakan aplikasi Grammarly dalam kegiatan menulis nanti dan beranggapan bahwa aplikasi Grammarly membantu untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menulis Bahasa Inggris.
This study aims to investigate the implementation of Grammarly to foster the students' writing. This study also will describe the implementation of Grammarly in writing recount text, students' work of recount text, and students' responses towards the implementation of Grammarly in writing activities. This study employed an interpretive qualitative research method since the study tried to describe the implementation of Grammarly for helping students in writing English text particularly recount text. The data was collected by using observation, student work, and interviews. The findings revealed that Grammarly was implemented successfully in helping students with writing errors regarding grammatical errors and mechanics. However, students did not consider vocabulary usage since they did not try to find out the synonyms of unfamiliar words. Moreover, students' responses demonstrated they would use Grammarly in writing activities later and assumed it help them to correct their errors in writing English text.