PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN KONTEKS BUDAYA LOKAL PADA MATERI SPLDV
DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED MATHEMATICS LEARNING MEDIA WITH LOCAL CULTURAL CONTEXT ON SPLDV MATERIAL
Pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran berdampak positif, salah satunya dapat meningkatkan efektifitas dan efisien proses pembelajaran. Teknologi yang berkembang pesat saat ini yakni smartphone berbasis Android. Banyak usia pelajar yang memiliki dan menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan sebagai media pembelajaran berbasis Android. Perkembangan teknologi yang sangat pesat juga berdampak negatif, salah satunya membuat budaya asing berakulturasi dengan budaya lokal sehingga banyak peserta didik yang kurang mengenal budaya lokal. Pembelajaran dengan konteks budaya lokal menjadikan suasana belajar lebih menarik dan menyenangkan, salah satunya dengan menambahkan budaya lokal pada media pembelajaran berbasis Android. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan konteks budaya lokal pada materi SPLDV dan mendeskripsikan hasil pengembangannya yang ditinjau dari kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yakni Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. Pada tahap analisis, dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis media melalui observasi dan wawancara dengan guru dan peserta didik. Tahap desain mencakup pembuatan flowchart, storyboard, penyusunan RPP, penyusunan instrumen penilaian media pembelajaran. Pada tahap pengembangan, media dibuat menggunakan MIT App Inventor dan divalidasi oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi. Uji coba media pembelajaran tersebut dilakukan pada 10 peserta didik kelas VIII-E SMPN 2 Palang. Tahap implementasi melibatkan penggunaan media oleh seluruh peserta didik kelas VIII-D SMPN 2 Palang untuk mengukur keefektifan. Terakhir, tahap evaluasi dilakukan untuk menilai media berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan menunjukkan kevalidan yang sangat baik. Validitas yang tinggi terutama terlihat pada aspek bahasa dan aspek budaya lokal sedangkan aspek isi memiliki nilai yang sedikit lebih rendah, menunjukkan perlunya peningkatan pada desain layout dan ilustrasi. Kepraktisan media pembelajaran ini dinilai sangat baik. Media ini memberikan manfaat yang signifikan bagi pengguna, serta tampilan media dan kemudahan penggunaanya sangat memuaskan. Keefektifan media pembelajaran berbasis Android ini menunjukkan hasil yang sangat baik. Media ini berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan, terutama pada soal yang mengintegrasikan unsur budaya lokal.
Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran berbasis Android, budaya lokal, SPLDV
The utilization of technology in the learning process has a positive impact, one of which can increase the effectiveness and efficiency of the learning process. Many students have and use smartphones in their daily lives so that they can be utilized in the world of education as Android-based learning media. The rapid development of technology also has a negative impact, one of which makes foreign cultures acculturate with local culture so that many students are less familiar with local culture. Learning with the context of local culture makes the learning atmosphere more interesting and fun, one of which is by adding local culture to Android-based learning media. This study aims to describe the process of developing Android-based learning media with the context of local culture on SPLDV material and describe the results of its development in terms of valid, practical, and effective criteria. This research refers to the ADDIE development model which has 5 stages namely Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. At the analysis stage, needs analysis, curriculum analysis, media analysis through observation and interviews with teachers and students were carried out. The design stage includes making flowcharts, storyboards, preparing lesson plans, preparing learning media assessment instruments. At the development stage, the media was created using MIT App Inventor and validated by three media experts and three material experts. The learning media trial was conducted on 10 students of class VIII-E SMPN 2 Palang. The implementation stage involves the use of media by all students of class VIII-D SMPN 2 Palang to measure effectiveness. Finally, the evaluation stage was conducted to assess the media based on validity, practicality, and effectiveness. The Android-based learning media developed showed excellent validity. High validity is mainly seen in the language aspect and local culture aspect while the content aspect has a slightly lower score, indicating the need for improvement in layout design and illustrations. The practicality of this learning media is rated as excellent. This media provides significant benefits for users, and the media appearance and ease of use are very satisfying. The effectiveness of this Android-based learning media shows excellent results. This media has succeeded in significantly improving students' learning outcomes, especially on questions that integrate local cultural elements.
Keywords: development, Android-based learning media, local culture, SPLDV