Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengembangan Permainan Question Card pada sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, 2) kelayakan Permainan Question Card sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, 3) efektivitas Permainan Question Card pada sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS 1 SMAN 1 Kota Mojokerto dengan 20 siswa sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Desain ujicoba penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental bentuk One Grup Pretest-Posttest. Jenis data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif, dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar telaah dan lembar validasi.
Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa presentase yang didapat dari ahli evaluasi adalah 93% dengan kriteria sangat layak dan ahli media 88,86% dengan kriteria sangat layak.
Hasil efektivitas Permainan Question Card yang diujicobakan secara terbatas menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui uji N-gain dengan nilai rata-rata sebesar 0,6 dengan kriteria sedang.
Kata kunci: Media pembelajaran, kartu, Permainan Question Card, berpikir kritis.
The purpose of the research is to analysis 1) the development of Question Card Game as learning media to increase student’s critical thinking, 2) the feasibility of Question Card Game as learning media to increase student’s critical thinking, 3) the effectiveness of Question Card Game as learning media to increase student’s critical thinking.
This study is conducted in class X Social 1 of State Senior High School 1 of Mojokerto City with 20 student as subjects research. The type of research is research and development with ADDIE development model that consists of five steps, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The trial design of this research is Pre-Experimental design One Group Pretest-Posttest type. The type of data in this research is qualitative and quantitative data with data collection instruments in the form of study sheets and validation sheets.
Keywords: learning media, card, question card game, critical thinking.