ABSTRACT
THE INFLUENCE OF BUSY BOOK MEDIA ON ABILITY TO RECOGNIZE THE CONCEPT OF NUMBER SYMBOLS IN CHILDREN OF 4-5 YEARS OLD IN NUSANTARA KASIH GRESIK KINDERGARTEN
Name : Christy Junita Elizabeth br Siahaan
NIM : 14010684076
Study Program : S-1/ Teacher Education – Young Learners Education
Faculty : Education Science
Institution : State University Of Surabaya
Counselor : Muhammad Reza, S.Psi., M.Si
The ability of the number symbolsconcept is an aspect that must be optimized early because this ability can be used for life and education continue. One of the stimulations that can be used to improve the ability to recognize the concept of number symbols is by using busy book media.The activities that implemented in this study, children learn to recognize the symbolic concepts of numbers 1-10. In this activity children can be learn more interesting and not boring. The purpose of this research is to find out whether there is influence of the busy book media on recognizing the concept of number symbols at the age of 4-5 years old in the Nusantara Gresik Kindergarten.
The method in this study is quantitative with a Quasi-experimental design with a type of Non-equivalent control group design by using an experimental group treated or treated and a control group using busy book media.The subjects in this study were 10 children in the experimental group and 10 children in the control group. Data collection techniques are used observation, tests, and documentation. The data analysis technique was used the Wilcoxon match pairs test and Mann Whitney test. Based on the results of data calculations with a 5% error level with many subjects 10 experimental groups and 10 control groups obtained a value of Tcount<Ttable (0> 8) and using the mannwhitney test obtained Tcount> T table (0> 23). This shows that Ho is rejected and Ha is accepted so that it can be concluded that the busy book media has an influence on the ability to recognize the concept of number symbols in children aged 4-5 years old in the Nusantara Gresik Kasih Gresik kindergarten.
Keywords: busy book media, ability to recognize concept of number symbols, Children age 4-5years old.
ABSTRAK
PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NUSANTARA KASIH GRESIK
Nama : Christy Junita Elizabeth br Siahaan
Program Studi/Jurusan : S-1/Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Muhammad Reza, S.Psi., M.Si
Kemampuan konsep lambang bilangan adalah aspek yang harus dioptimalkan sejak dini karena kemampuan ini dapat digunakan untuk kehidupan dan pendidikan berlanjut. Salah satu stimulasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan adalah dengan menggunakan media busy book. Kegiatan yang diterapkan dalam penelitian ini anak belajar untuk mengenal konsep lambang bilangan 1-10. Pada kegiatan ini anak dapat belajar lebih menarik dan tidak membosankan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media busy book terhadap mengenal konsep lambang bilangan pada usia 4-5 tahun di TK Nusantara Kasih Gresik.
Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi-experimental design jenis Non-equivalent control group design dengan menggunakan kelompok eksperimen yang diberi perlakuan atau treatmentdan kelompok kontrol dengan penggunaan mediabusy book. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 anak pada kelompok eksperimen dan 10 anak pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon match pairs test dan uji mann whitney. Berdasarkan hasil perhitungan data dengan taraf kesalahan 5% dengan banyak subjek 10 kelompok eksperimen dan 10 kelompok kontrol diperoleh nilai Thitung < Ttabel (0>8) dan menggunakan uji mann whitney diperoleh Thitung > Ttabel (0>23). Hal ini menunjukkan bahwa Hoditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa media busy book memberikan pengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Nusantara Kasih Gresik.
Kata Kunci: Media busy book, kemampuan mengenal konsep lambang bilangan, Anak usia 4-5 Tahun.