KONSTRUK MODEL PENGUKURAN KEMANDIRIAN BELAJAR BERDASARKAN TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER
CONSTRUCT OF LEARNING INDEPENDENCE MEASUREMENT MODEL BASED ON BRONFENBRENNER'S ECOLOGICAL THEORY
Selama pandemi Covid-19, kegiatan akademik mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi dialihkan dari sistem pembelajaran tatap muka langsung menjadi sistem pembelajaran daring. Pengalihan moda pembelajaran ini memunculkan fenomena Learning Loss. Learning Loss telah dialami oleh berbagai negara di dunia yang melaksanakan pembelajaran daring, tidak terkecuali di Indonesia. Di tingkat perguruan tinggi, pembelajaran daring mengharuskan mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Kemandirian belajar yang dalam penelitian ini menggunakan konsep Self Regulated Learning dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Riset-riset terdahulu telah banyak mengkaji bagaimana pengaruh faktor internal terhadap pembentukan kemandirian belajar, belum banyak riset yang mengkaji pengaruh faktor eksternal terhadap pembentukan kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini akan mengkaji terkait bagaimana konstruk model pengukuran kemandirian belajar dengan tinjauan Teori Ekologi Bronfenbrenner. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil kemandirian belajar mahasiswa selama pembelajaran daring dan mengkonstruk model pengukuran kemandirian belajar berdasarkan Teori Ekologi Bronfenbrenner. Adapun jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Penelitian ini dilakukan melalui 5 tahapan penelitian yaitu menyusun instrumen, pengumpulan data, tabulasi data, analisis data dan interpretasi hasil. Subjek dalam penelitian ini adalah 425 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu mikrosistem, eksosistem, dan makrosistem sebagai variabel independen, dan variabel Self Regulated Learning (SRL) sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan tingkat kemandirian belajar mahasiswa Unesa selama pembelajaran daring berada pada tingkat kategori sedang. Pada konstruk model pengukuran kemandirian belajar yang diajukan dinyatakan bahwa model telah memenuhi kriteria Goodness of Fit Model. Pada variabel yang diajukan dalam penelitian ini yaitu variabel mikrosistem memiliki pengaruh yang negatif terhadap pembentukan kemandirian belajar mahasiswa selama pembelajaran daring. Variabel eksosistem dan makrosistem memberikan pengaruh positif dalam membentuk kemandirian belajar mahasiswa selama pembelajaran daring.
Kata Kunci: Konstruk model pengukuran, Self Regulated Learning, Teori Ekologi Bronfenbrenner, Structural Equation Modelling.
During the Covid-19 pandemic, academic activities ranging from primary, secondary, to higher education levels were shifted from a face-to-face learning system to an online learning system. This transfer of learning modes gave rise to the phenomenon of Learning Loss. Learning Loss has been experienced by various countries in the world that carry out online learning, including Indonesia. At the college level, online learning requires students to study independently. Learning independence in this study uses the concept of Self Regulated Learning is influenced by internal and external factors. Previous studies have examined the influence of internal factors on the formation of learning independence, not many studies have examined the influence of external factors on the formation of student learning independence. This research will examine how the construct of the learning independence measurement model with a review of Bronfenbrenner's Ecological Theory. Therefore, the purpose of this study is to describe the profile of student learning independence during online learning and construct a model of measuring learning independence based on the Bronfenbrenner Ecological Theory. This type of research is quantitative using Structural Equation Modeling (SEM) analysis. This research was conducted through 5 stages of research, namely compiling instruments, collecting data, tabulation of data, data analysis and interpretation of results. The subjects in this study were 425 students of Surabaya State University who were selected with accidental sampling techniques. The variables studied in this study are microsystems, exosystems, and macrosystems as independent variables, and Self Regulated Learning (SRL) variables as dependent variables. The results of this study show that the tendency of the level of learning independence of Unesa students during online learning is at the moderate category level. In the construct of the proposed learning independence measurement model, it is stated that the model has met the Goodness of Fit Model criteria. The variables proposed in this study are microsystem variables that have a negative influence on the formation of student learning independence during online learning. Exosystem and macrosystem variables have a positive influence in shaping student learning independence during online learning.
Keywords: Measurement model construct, Self Regulated Learning, Bronfenbrenner Ecological Theory, Structural Equation Modelling.