Evaluasi User Experience Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
The Evaluation of TIX ID Application's User Experience Using The Heuristic Evaluation Method
User experience merupakan salah satu faktor penting dalam membangun sebuah aplikasi. Tanpa sebuah rancangan yang benar-benar matang akan mengakibatkan sebuah aplikasi tidak dapat digunakan secara maksimal dan dapat membuat user tidak nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut sehingga berpindah ke aplikasi lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) Mengevaluasi dan mendeskripsikan temuan masalah user experience yang ada terkait usability pada aplikasi TIX ID menggunakan metode Heuristic Evaluation; dan (2) Memberikan rekomendasi perbaikan kepada pengembang aplikasi TIX ID berdasarkan hasil temuan masalah yang muncul dari evaluasi yang dilakukan menggunakan metode Heuristic Evaluation. Metode Heuristic Evaluation memiliki 10 aspek penilaian untuk mengukur apakah tingkat usability dari fungsi-fungsi sebuah aplikasi sudah berjalan baik dan sesuai kebutuhan pengguna atau belum. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan 9 temuan masalah usability yang diurutkan berdasarkan prioritas perbaikan. Prioritas perbaikan tersebut didapatkan berdasarkan severity rating rata-rata dari hasil kuesioner. Dari temuan masalah tersebut dihasilkan rekomendasi perbaikan yang sesuai dengan guideline desain sebagai saran perbaikan bagi pengembang untuk kenyamanan penggunaan aplikasi TIX ID yang lebih baik lagi.
User experience is one of the important factors in building an application. Without a design that is really mature, it will result in an application that cannot be used optimally and can make the user uncomfortable in using the application so that it moves to another application. This study has the objectives to: (1) evaluate and describe the findings of existing user experience problems related to usability in the TIX ID application using the Heuristic Evaluation method; and (2) Provide recommendations for improvement to TIX ID application developers based on the findings of problems that arise from the evaluation conducted using the Heuristic Evaluation method. The Heuristic Evaluation method has 10 assessment aspects to measure whether the usability level of the functions of an application has been running well and according to user needs or not. Based on the research that has been done, there are 9 findings of usability problems which are sorted by priority for improvement. The improvement priority is obtained based on the average severity rating of the questionnaire results. From the findings of these problems, recommendations for improvements were made in accordance with the design guidelines as suggestions for improvements for developers for the convenience of using the TIX ID application even more.