THE INFLUENCE OF ECONOMIC LITERACY AND FAMILY ENVIRONMENT ON STUDENTS' ENTREPRENEURIAL INTEREST
Kewirausahaan adalah salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ekonomi, sehingga menumbuhkan minat berwirausaha di kalangan generasi muda sangatlah penting. Beberapa faktor dapat mempengaruhi minat berwirausaha individu, diantaranya yaitu literasi ekonomi dan lingkungan keluarga. Penelitian-penelitian sebelumnya menghasilkan temuan yang tidak konsisten, sehingga mendorong penelitian ini untuk mengkaji kembali pengaruh dari dua faktor tersebut terhadap minat berwirausaha peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh literasi ekonomi terhadap minat berwirausaha peserta didik, 2) menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha peserta didik, serta 3) menganalisis pengaruh literasi ekonomi dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Teknik sampel jenuh digunakan dengan mengambil seluruh populasi peserta didik kelas XI Ekonomi di SMA Khadijah Surabaya yang berjumlah 92 orang sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan kuesioner. Analisis data dilakukan melalui analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Penelitian ini memberikan hasil jika secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan literasi ekonomi terhadap minat berwirausaha peserta didik, sedangkan lingkungan keluarga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha peserta didik. Namun, secara simultan terdapat pengaruh antara literasi ekonomi dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha peserta didik. Berdasarkan temuan tersebut, terdapat faktor lain yang mempengaruhi minat berwirausaha sehingga perlu upaya peningkatan minat berwirausaha. Selain itu, lingkungan keluarga yang suportif mampu membantu meningkatkan minat berwirausaha peserta didik.
Entrepreneurship is a viable solution to address economic challenges, so fostering entrepreneurial interest among the younger generation is crucial. Several factors can influence an individual's entrepreneurial inclination, including economic literacy and family environment. Previous studies have yielded inconsistent findings, prompting this research to re-examine the impact of these two factors on students' entrepreneurial interest. The objectives of this study are threefold: 1) to analyze the influence of economic literacy on students' entrepreneurial interest, 2) to analyze the influence of the family environment on students' entrepreneurial interest, and 3) to analyze the combined influence of economic literacy and the family environment on students' entrepreneurial interest. This quantitative research uses a causal associative type. The saturated sampling technique was used by taking the entire population of 92 eleventh grade Economics students at Khadijah High School in Surabaya as the research sample. Data collection methods included interviews, tests, and questionnaires. Data analysis was conducted using multiple linear regression analysis with the aid of SPSS software. The findings reveal that economic literacy has no significant individual influence on students' entrepreneurial interest, while the family environment does exert a significant influence. However, simultaneously, both economic literacy and the family environment demonstrate a combined influence on students' entrepreneurial interest. Based on these findings, there are other factors that influence interest in entrepreneurship, so efforts are needed to increase interest in entrepreneurship. Additionally, a supportive family environment can foster students' entrepreneurial interest.