(Fenomenologi Akun Alter Kpop Mahasiswa Surabaya)
DRAMATURGY OF ALTER ACCOUNT USERS ON TWITTER SOCIAL MEDIA
(Surabaya Student Kpop Alter Account Phenomenology)
Penelitian ini mengkaji tentang fenomena second account twitter (akun alter) pada Mahasiswa Surabaya. Yaitu bagaimana peranan mahasiswa dalam memainkan second account twitter (akun alter). Peran seperti apa yang mereka jalani pada panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) melalui media sosial Twitter tersebut. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori Dramaturgi Erving Geoffman. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana fenomena dramaturgi akun alter Kpop di Twitter yang di perankan oleh mahasiswa yang ada di Surabaya. Skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan pengamatan kepada 7 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh informan tersebut menggunakan second account dengan berbagai macam alasan yang berbeda-beda. Lima diantaranya memang sengaja menggunakan second account untuk menunjukkan atau menjadi diri mereka yang lain dan dengan “sengaja” melakukannya guna untuk mendapatkan kesan yang mereka inginkan. Sedangkan kedua informan yang lain, tidak sengaja menunjukan kesan pada second account mereka. Tetapi ada kesamaan yang melatar belakangi ke tujuh informan dalam membuat second account tersebut yaitu karena mereka sama- sama menyukai Kpop
Kata Kunci: Akun Alter, Second Account, Twitter, Kpop, Mahasiswa, Surabaya
This researche examines the phenomenon of second twitter accounts (alter accounts) among Surabaya students. This is how students play the second twitter account (alter account). What kind of role do they play in the front and back stages of twitter social media? The theory used in this thesis is Erving Geoffman's Dramaturgical Theory. The purpose of this thesis is to determine how the Dramaturgical phenomenon of alter K-pop accounts on twitter is played by students in Surabaya. This thesis uses a qualitative method with the data collection techniques of interviews, observations, and analysis of seven informants. The results showed that 7 (seven) informants used the second account for a variety of reasons. Five of them deliberately used a second account to show or be their other selves and "on purpose" did so to get the impression they wanted. Meanwhile, the other two informants accidentally gave the impression of their second account. However, there are similarities between the 7 (seven) informants in creating the second account because they both like K-pop.
Keywords: Alter Account, Second Account, Twitter, Kpop, Student, Surabaya