PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT MENGGUNAKAN ADD-IN CLASSPOINT PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI AKL
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE TEACHING MEDIA ASSISTED BY MICROSOFT POWERPOINT USING CLASSPOINT ADD-IN IN ACCOUNTING COMPUTER CLASS XI AKL
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media ajar interaktif berbantuan Microsoft Powerpoint menggunakan add-in Classpoint pada mata pelajaran Komputer Akuntansi kelas XI AKL. Tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui proses dari pengembangan media ajar, kelayakan media ajar, dan respon dari siswa terhadap media ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analyse, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL dari SMK YPM 11 Wonoayu.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil dari uji ahli materi oleh Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis dan Guru pengampu mata pelajaran Komputer Akuntansi SMK YPM 11 Wonoayu yang dikatakan sangat layak dengan rata-rata presentase sebesar 88.13%, sedangkan untuk hasil uji ahli media oleh Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang dikatakan sangat layak dengan rata-rata presentasi sebesar 88.89%. Adapun respon dari peserta didik kelas XI AKL SMK YPM 11 Wonoayu terhadap media ajar interaktif yang dikembangkan mendapat rata-rata 97.99% yang masuk dalam kategori sangat memahami. Dari hasil rata-rata presentase di atas, maka dapat dikatakan media ajar interaktif berbantuan Microsoft Powerpoint menggunakan add-in Classpoint pada mata pelajaran Komputer Akuntansi kelas XI AKL sangat layak dan dapat diterapkan pada pembelajaran di dalam kelas.
This development research aims to produce an interactive teaching media product assisted by Microsoft Powerpoint using the Classpoint add-in in the Accounting Computer subject class XI AKL. Another goal is to find out the process of developing teaching media, the feasibility of teaching media, and the response of students to the developed teaching media. This study uses a type of R&D (Research and Development) research with the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely Analyse, Design, Develop, Implement, and Evaluate. The test subjects of this study are grade XI AKL students from SMK YPM 11 Wonoayu.
The results of this study show the results of the material expert test by the Lecturer of the Faculty of Economics and Business and the Teacher of the Accounting Computer subject of SMK YPM 11 Wonoayu which is said to be very feasible with an average percentage of 88.13%, while the results of the media expert test by the Lecturer of the Faculty of Economics and Business are said to be very feasible with an average presentation of 88.89%. The response from students of class XI AKL SMK YPM 11 Wonoayu to the interactive teaching media developed received an average of 97.99% which was included in the category of very understanding. From the average results of the above percentage, it can be said that interactive teaching media assisted by Microsoft Powerpoint using the Classpoint add-in in the Accounting Computer subject class XI AKL is very feasible and can be applied to learning in the classroom