PENGARUH LITERASI EKONOMI, E-COMMERCE, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA
THE INFLUENCE OF ECONOMIC LITERACY, E-COMMERCE, AND FAMILY ENVIRONMENT ON STUDENT ENTREPRENEURIAL INTEREST
Kewirausahaan menjadi bidang yang patut diperhitungkan sebagai penggerak perekonomian suatu negara. Namun pada kenyataannya, minat berwirausaha khususnya pada mahasiswa sebagai generasi muda masih tergolong rendah. Guna menumbuhkan jiwa kewirausahaan tersebut, maka diperlukan adanya faktor yang dapat memengaruhi minat berwirausaha mahasiswa yaitu literasi ekonomi, e-commerce, dan lingkungan keluarga. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah 1) menganalisis pengaruh literasi ekonomi terhadap minat berwirausaha mahasiswa, 2) menganalisis pengaruh e-commerce terhadap minat berwirausaha mahasiswa, 3) menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa, serta 4) menganalisis pengaruh literasi ekonomi, e-commerce, dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Tata Niaga angkatan 2019 Universitas Negeri Surabaya dengan jumlah 214 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel literasi ekonomi, e-commerce, dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan diperoleh nilai R2 sebesar 48,4%. Sedangkan secara parsial, diperoleh hasil bahwa literasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, e-commerce berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, serta lingkungan keluarga juga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Kata kunci : E-commerce, Lingkungan Keluarga, Literasi Ekonomi dan Minat Berwirausaha
Entrepreneurship is a field that should be taken into account as a driver of a country's economy. But in reality, interest in entrepreneurship, especially in students as the younger generation is still relatively low. In order to foster the entrepreneurial spirit, it is necessary to have factors that can affect student entrepreneurial interest, namely economic literacy, e-commerce, and family environment. The purpose of this research is 1) analyze the effect of economic literacy on student entrepreneurial interest, 2) analyze the effect of e-commerce on student entrepreneurial interest, 3) analyze the effect of family environment on student entrepreneurial interest, and 4) analyze the effect of economic literacy, e-commerce, and family environment simultaneously on student entrepreneurial interest. The research method used is causal associative research with a quantitative approach. The sample in this study were students of Office Administration Education, Accounting Education, Economics Education, and Commerce Education Study Program class of 2019 at Surabaya State University with a total of 214 students. The analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis using IBM SPSS version 25.
The results showed that simultaneously the variables of economic literacy, e-commerce, and family environment have an influence on student entrepreneurial interest with an R2 value of 48.4%. While partially, the results showed that economic literacy has a significant effect on student entrepreneurial interest, e-commerce has a significant effect on student entrepreneurial interest, and the family environment also has a significant effect on student entrepreneurial interest.
Keywords : Economic Literacy, E-commerce, Family Environment, and Entrepreneurial Interest