Penerapan Teknik Modeling Sebagai Suatu Pendekatan Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik
Application Of Modeling Techniques As An Approach To Improve Students Confidence
Percaya diri sering kali menjadi masalah bagi peserta didik di sekolah, ketika proses pembelajaran dibutuhkan kemampuan percaya diri seperti mengemukakan pendapat, tampil didepan kelas, menjawab soal ujian, dan mengambil keputusan. Peserta didik yang tidak mampu melakukan hal tersebut akan terhambat proses pembelajarannya saat disekolah. Akibat dari rendahnya percaya diri peserta didik tentu tidak boleh dibiarkan, perlu tindakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan meningkatkan percaya diri peserta didik. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan rendahnya percaya diri peserta didik yaitu menggunakan pendekatan behavioral teknik modeling. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji penerapan teknik modeling sebagai suatu pendekatan untuk meningkatkan percaya diri peserta didik dengan fokus penelitian diantara yaitu: 1) Mengetahui keberhasilan atau efektifitas penerapan teknik modeling, 2) Prosedur penerapan teknik modeling, 3) Jenis teknik yang digunakan pada penerapan teknik Modeling, 4) Sasaran atau target pelaksanaan pendekatan behavior dengan teknik modeling untuk meningkatkan percaya diri peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dengan mengkaji literatur-literatur ilmiah seperti jurnal nasional dan jurnal internasional. Sedangkan metode analisis data menggunakan teknik analisis isi untuk mengidentifikasi dan menarik sebuah kesimpulan terkait bahasan penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan dari pengkajian berbagai studi yaitu, teknik modeling efektif dan berhasil digunakan untuk meningkatkan percaya diri peserta didik yang rendah juga dapat berpengaruh pada perubahan tingkah laku peserta didik yang lebih baik. Serta, teknik modeling tidak hanya berhasil diberikan kepada peserta didik SMP dan SMA/SMK namun juga berhasil diberikan kepada siswa tungrahita yang berasal dari SLB. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa teknik modeling dapat direkomendasikan bagi guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi permasalahan peserta didik dengan kepercayaan diri yang rendah.
Kata Kunci: Teknik modeling, percaya diri, peserta didik
Confidence is often a problem for students at school, when the learning process requires confident abilities such as expressing opinions, appearing in front of the class, answering exam questions, and making decisions. Students who are not able to do this will be hampered in the learning process at school. As a result of the low self-confidence of students, of course, it should not be allowed, it is necessary to take action to solve these problems and increase the confidence of students. One way to overcome the problem of low self-confidence of students is to use a behavioral approach to modeling techniques. So that the purpose of this study is to examine the application of modeling techniques as an approach to increase student confidence with the focus of research including: 1) Knowing the success or effectiveness of the application of modeling techniques, 2) Procedures for applying modeling techniques, 3) Types of techniques used in the application of modeling techniques. Modeling techniques, 4) Targets or targets for implementing the behavior approach with modeling techniques to increase students' confidence. The method used in this research is literature study by reviewing scientific literature such as national journals and international journals. While the data analysis method uses content analysis techniques to identify and draw a conclusion related to the research discussion. The results of the research obtained from the study of various studies, namely, effective and successful modeling techniques used to increase students' low self-confidence can also affect changes in student behavior for the better. In addition, the modeling technique was not only successfully given to junior high school and high school / vocational students but also given to mentally retarded students from special schools. So it can be concluded that modeling techniques can be recommended for guidance and counseling teachers to overcome the problems of students with low self-confidence.
Keywords: Modeling techniques, confidence, students