PENERAPAN APLIKASI CANVA UNTUK MENYUSUN DIGITAL MOODBOARD
DI KELAS XI BUSANA 3 SMK NEGERI 8 SURABAYA
IMPLEMENTATION OF THE CANVA APPLICATION TO CREATE A DIGITAL MOODBOARD
IN CLASS XI BUSANA 3 STATE VOCHASIONAL SCHOOL 8 SURABAYA
Nama : Imroatul Mufidatul Ulya
NIM : 19050404058
Program Studi : S1 Pendidikan Tata Busana
Fakultas : Teknik
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Ec. Mein Kharnolis, M.SM.
Aplikasi canva merupakan sebuah aplikasi yang dapat dioperasikan menggunakan android ataupun komputer, aplikasi canva dapat dimanfaatkan sebagai alat dalam ranah pendidikan. Penelitian ini, menggunakan aplikasi canva sebagai alat dalam pembelajaran untuk menyusun digital moodboard. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil menyusun digital moodboard, mendeskripsikan tingkat kreativitas peserta didik dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan aplikasi canva. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan one shot case study. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu, lembar penilaian berupa penilaian hasil produk dan penilaian kreativitas, selanjutnya angket untuk mengetahui respon peserta didik. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 1) hasil produk berupa digital moodboard yang diukur menggunakan aspek penataan dan benang merah, 2) tingkat kreativitas peserta didik yang diukur menggunakan aspek kebaruan, heuristik dan elaborasi, 3) respon peserta didik terhadap penerapan aplikasi canva menggunakan aspek tanggapan dan reaksi.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi canva, Digital Moodboard
Name : Imroatul Mufidatul Ulya
Study Program : S1 Fashion Education
Faculty : Engineering
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Drs. Ec. Mein Kharnolis, M.SM.
The canva application is an application that can be operated using android or a computer. The canva application can be used as a tool in the educational realm. This research uses the canva application as a learning tool to compile digital moodboard s. The aim of this research is to describe the results of compiling a digital moodboard , describe the level of students’ creativity and describe students’ responses to implementing the canva application. The research is quantitative descriptive research with a research design using a one shot case study. The data collection technique was carried out using two methods, namely, an assessment sheet in the form of product result assessment and creativity assessment, then a questionnaire to determine students’ responses. The results obtained in this research are 1) product results in the form of digital moodboard s which are measured using the arrangement and red thread aspects, 2) the level of students’ creativity which is measured using the novelty, heuristic and elaboration aspects, 3) students’ responses to the application of the canva application using the aspects response and reaction.
Keyword: Instructional Media, Canva Application, Digital Moodboard .