PENERAPAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PROSES MEMBUAT BENTUK DI SMK NEGERI 8 SURABAYA
APPLICATION OF VIDEO AS AN LEARNING MEDIA IN THE PROCESS OF CREATING SHAPE MATERIALS AT SMK NEGERI 8 SURABAYA
Penerapan video sebagai media pembelajaran pada materi proses membuat bentuk akan dilakukan di kelas X busana 3 SMK Negeri 8 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk : 1) uji kelayakan video sebagai media pembelajaran pada materi proses membuat bentuk, 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan video sebagai media pembelajaran pada materi proses membuat bentuk, dan 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan video sebagai media pembelajaran pada proses membuat bentuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pre-experimental dengan desain one-shot case study. Pengambilan data menggunakan teknik berupa wawancara, observasi, studi literatur, uji kelayakan, tes kognitif dan psikomotor, serta angket yang mampu mendapat hasil penelitian berupa seberapa layak media video sebagai media pembelajaran,pemahaman siswa dan respon siswa setelah diterapkan video dalam pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMK 8 Surabaya di kelas X Busana 3 dengan jumlah 35 siswa
Hasil penelitian yang di dapat bahwa : 1) uji kelayakan video sebagai media pembelajaran pada materi proses membuat bentuk memiliki kriteria sangat baik sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan hasil uji kelayakan video oleh ahli materi mendapatkan skor 3,36, uji kelayakan- pada ahli media sebesar 3,5, serta analisis butir soal medapat skor 3,27 dengan kategori sangat baik, 2) hasil belajar siswa materi proses membuat bentuk secara klasikal diperoleh persentase sebesar 92%% dengan kategori sangat baik. Ditinjau dari ketuntasan individu, terdapat 32 siswa dinyatakan tuntas dan 3 siswa dinyatakan tidak tuntas, 3) angket respons siswa terhadap penerapan video sebagai media pembelajaran pada materi proses membuat bentuk di SMK Negeri 8 Surabaya diperoleh persentase rata-rata sebesar 88,23%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, nilai ini masuk pada kriteria yang dinyatakan sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan video sebagai media pembelajaran pada materi proses membuat bentuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 8 Surabaya.
Kata Kunci : penerapan, video, media pembelajara, bentuk
The application of video as a learning medium in the material for the process of making shapes will be carried out in class X fashion 3 of SMK Negeri 8 Surabaya. The aims of this research are: 1) to test the feasibility of video as a learning medium in the shape-making process material, 2) to describe student learning outcomes after applying video as a learning medium to the shape-making process material, and 3) to describe student responses to the application of video as learning media in the process of making shapes. The type of research used is descriptive quantitative.
This research is a pre-experimental study with a one-shot case study design. Data collection uses techniques in the form of interviews, observation, literature studies, due diligence, cognitive and psychomotor tests, as well as questionnaires that are able to obtain research results in the form of how appropriate video media is as a learning medium, student understanding and student responses after applying video in learning. The subjects of this study were students of SMK 8 Surabaya in class X Clothing 3 with a total of 35 students
The results of the study showed that: 1) the feasibility test of video as a learning medium in the material for the process of making shapes has very good criteria as a learning media as evidenced by the results of the video feasibility test by material experts getting a score of 3.36 and the feasibility test on media experts of 3,5, as well as item analysis to get a score of 3.27 in the very good category, 2) student learning outcomes material for the process of making classical forms obtained a percentage of 92%% in the very good category. Judging from the completeness of the individual, there were 32 students who were declared complete and 3 students who were declared incomplete, 3) the questionnaire on student responses to the application of video as a learning medium in the material for the process of making shapes at SMK Negeri 8 Surabaya obtained an average percentage of 88.23%. Based on predetermined criteria, this value is included in the criteria that are stated to be very good. So it can be concluded that the application of video as a learning medium in the process of making shapes can improve student learning outcomes at SMK Negeri 8 Surabaya.
Keywords: application, video, learning media, shape