Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi brand activition pada inovasi produk sleeping masks viva white sebagai brand lokal terhadap loyalitas konsumen. Alat ukur yang digunakan pada variabel strategi brand activition diperoleh melalui beberapa indikator sesuai dengan konsep dari brand activition yakni identitas merek, personal selling, public activition dan innovation product. Sedangkan, alat ukur variabel loyalitas konsumen diukur melalui beberapa indikator sesuai dengan konsep loyalitas konsumen yakni behavior, sikap, dan komitmen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sebagai hipotesis dan kemudian dilakukan pengumpulan data untuk dianalisis berdasarkan statistik sehingga dapat menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan menanyakan pertanyaan tersetruktur kepada responden yang memenuhi kriteria penelitian mengenai keyakinan pendapat dan karakteristik terhadap suatu obyek atau fenomena yang telah atau sedang terjadi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden dan skala dalam penelitian ini menggunakan skala likert karena mengukur persepsi atau pendapat seseorang terhadap suatu objek. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi brand activition terhadap loyalitas konsumen. Adapun indikator yang dapat meningkatkan keberhasilan strategi brand activition adalah melalui kegiatan inovasi produk yang dapat meningkatkan komitmen seseorang untuk tetap setia menggunakan produk sleeping masks viva white.
Kata kunci : strategi marketing komunikasi, brand activition, loyalitas konsumen.
The purpose of this study was to study brand activation strategies on the innovation of viva white sleep mask products as a local brand to consumer loyalty. Measuring instruments used in the brand activation strategy variable are obtained through several indicators in accordance with the concept of brand activation, namely brand identity, personal sales, public activities and product innovation. Meanwhile, the measurement tool for consumer loyalty variables through several indicators in accordance with the concept of consumer loyalty, namely behavior, attitudes, and commitment. Suggestions used in this research are quantitative by answering the formulation of the problem formulated as a hypothesis and then collecting data to be analyzed based on statistics so that a hypothesis can be formulated. The method in this study uses a survey method by asking structured questions to respondents who ask research questions about opinions and characteristics of objects or phenomena that have or are occurring. The sample used in this study amounted to 100 respondents and the scale in this study uses a Likert scale because it measures a person's perception or opinion of an object. The results obtained in this study indicate what is significant from brand activation strategies on consumer loyalty. Brand activation that can increase the success of an activation strategy is through product innovation activities that can increase user commitment to continue using viva white sleep masks.
Keyword : Strategic marketing communication, brand activition, consumer loyalty