Mones , AnselmusYata . 20 24 . Pengembangan Model Contextual
Problem Collaborative Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menerapkan
Konsep dan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas
XI SMAK Warta Bakti Kefamenanu-NTT. Program Studi S3 Teknologi Pendidikan,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof. Dr.
Mochamad Nursalim, M.Si. dan Ko-Promotor: Dr. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd.
Kata-Kata
Kunci : Model CPCL, Menerapkan Konsep, Berpikir Kritis.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan model Contextual Problem Collaborative
Learning (CPCL), yang layak, efektif dan praktis untuk meningkatakan kemampuan
menerapkan konsep dan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Katolik siswa kelas XI SMAK Warta
Bakti Kefamenanu-NTT.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan langkah
model Dick and Carrey dengan melalui 9 tahapan. Subjek penelitian ini adalah
peserta didik kelas XI SMAK Warta Bakti Kefamenanu-NTT. Instrumen pengumpulan
data meliputi; (1) Lembar validasi untuk memperoleh kelayakan model CPCL dan perangkat pembelajarannya, (2) lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk memperoleh data kepraktisan model
CPCL dan perangkat pembelajarannya, (3) Lembar penilaian kemampuan menerapkan
konsep dan kemampuan berpikir kritis, untuk memperoleh data keefektifan model
CPCL.
Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) Model CPCL memiliki kelayakan
sebesar 4 (sangat baik), dan perangkat pembelajaran model CPCL memiliki
kelayakan Modul Ajar (MA) sebesar 4 (sangat baik), Alur Tujuan Pembelajaran
(ATP) sebesar 4 (sangat baik), Bahan Ajar sebesar 97,9% (sangat baik), LKPD
sebesar 96,8% (sangat baik) lembar Penilaian 95% (sangat baik). Hasil hitung Pearson
correlation rata-rata 0,445 > 0,388 dan hasil hitung reliabilitas Cronbach's
Alpha nilai cronbach’s Alpha sebesar 0.569 (2) Model CPCL
memilik kepraktisan dengan hasil rerata keterbacaan buku model sebesar 3,80
(sangat mudah dipahami) dan hasil keterlaksanaan sintaks model CPCL sebesar
97,3% (sangat baik) (3) Model CPCL efektif meningkatkan kemampuan menerapkan
konsep dengan hasil Paired samples test
sig. (2-tailed) sebesar 0,0000 < 05 (signifikan), (4) Model CPCL efektif meningkatkan kemampuan
berpikir kritis dengan paired samples test dengan nilai sig
(2-tailed) sebesar 0,0000 < 05 (signifikan).