PENGARUH CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK BATIK BENANG RAJA
THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE AND PRODUCT DESIGN ON PURCHASE DECISIONS ON THE BENANG RAJA BATIK PRODUCTS
Batik menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk berbagai macam kegiatan, fenomena tersebut mendukung banyak produk batik bermunculan dengan menawarkan desain busana yang baik dan elegan untuk memenuhi kebutuhan dalam berpakaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan desain produk terhadap keputusan pembelian pada produk batik Benang Raja. Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah membeli batik secara langsung di Benang Raja. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan jumlah sampel 110 responden. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner online dalam bentuk google form yang dilakukan selama tiga minggu yaitu 12 Juni sampai 1 Juli 2020. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan citra merek (X1) dan desain produk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y) pada produk batik Benang Raja.
Kata Kunci : Citra Merek, Desain Produk, dan Keputusan Pembelian.
Batik is the choice of Indonesian people for various activities, this phenomenon supports many batik products to emerge by offering good and elegant clothing designs to meet their needs in dressing. The purpose of this study was to determine the effect of brand image and product design on purchasing decisions for Benang Raja batik products. The population of this research is consumers who have bought batik directly at Benang Raja. The sampling technique is non-probability sampling with a sample size of 110 respondents. Data was collected through an online questionnaire in the form of google form which was carried out for three weeks, namely 12 June to 1 July 2020. The data analysis technique used multiple linear regression tests using SPSS 23. The results showed that simultaneously brand image (X1) and product design ( X2) has a positive effect on purchasing decisions (Y) on the Benang Raja batik product.
Keywords: Brand Image, Product Design, and Purchase Decision.