LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA DENGAN KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP
MATHEMATICAL LITERACY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING PISA MODEL MATHEMATICS PROBLEMS ON CHANGE AND RELATIONSHIP CONTENT
Faradilla, Anisa’a. 2024. Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA Dengan Konten Change And Relationship. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd. dan (II) Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.
Kata Kunci: Literasi Matematis, Soal Matematika Model PISA, Konten Change And Relationship
Literasi matematis adalah kemampuan individu untuk bernalar secara matematis dan untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam menyelesaikan masalah dalam berbagai konteks dunia nyata. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika model PISA dengan konten change and relationship. Subjek penelitian ini terdiri atas satu siswa dengan tingkat skor tes tinggi, satu siswa dengan tingkat skor tes sedang, dan satu siswa dengan tingkat skor rendah. Instrumen yang digunakan meliputi tes soal matematika model PISA dengan dengan konten change and relationship dan pedoman wawancara. Selanjutnya, data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan indikator literasi matematis yang memuat proses matematika merumuskan, menerapkan, menafsirkan dan mengevaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat skor literasi matematis tinggi mengidentifikasi informasi pada soal dengan menuliskan informasi yang diketahui dan mengubah permasalahan menjadi model matematika yang sesuai, menggunakan strategi yang tepat untuk menemukan solusi sehingga memperoleh hasil yang bernilai benar, menafsirkan kembali hasil yang diperoleh ke dalam masalah kontekstual dengan memberikan kesimpulan yang sesuai dengan penyelesaian yang dituliskan dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dengan mengungkapkan bahwa sudah melakukan pengecekan kembali langkah demi langkah terhadap jawaban yang telah dituliskan. Siswa dengan tingkat skor literasi matematis sedang mengidentifikasi informasi pada soal dengan menuliskan informasi yang diketahui dan mengubah permasalahan menjadi model matematika yang sesuai, menggunakan strategi yang tepat untuk menemukan solusi sehingga memperoleh hasil yang bernilai benar pada soal dengan konteks pribadi, menafsirkan kembali hasil yang diperoleh pada soal dengan konteks pribadi ke dalam masalah kontekstual, dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dengan mengungkapkan bahwa sudah melakukan pengecekan kembali langkah demi langkah terhadap jawaban yang telah dituliskan. Siswa dengan tingkat skor literasi matematis rendah mengidentifikasi informasi yang diberikan pada soal dengan menuliskan informasi yang diketahui dan mengubah permasalahan menjadi model matematika yang sesuai, tidak menggunakan strategi yang tepat untuk menemukan solusi dikarenakan siswa tidak menguasai materi yang digunakan pada soal, tidak menafsirkan kembali hasil yang diperoleh ke dalam masalah kontekstual dikarenakan siswa tidak menyelesaikan soal yang diberikan, dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dengan mengungkapkan bahwa melakukan pengecekan kembali langkah demi langkah terhadap jawaban yang telah dituliskan.
Faradilla, Anisa’a. 2024. Mathematical Literacy of Junior High School Students in Solving PISA Model Mathematics Problems with Change and Relationship Content. Thesis. Mathematics Education Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Surabaya. Supervisors: (I) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd. and (II) Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.
Keywords: Mathematical Literacy, PISA Model Mathematics Problems, Change and Relationship Content
Mathematical literacy is an individual's ability to reason mathematically and to formulate, apply, and interpret mathematics to solve problems in various real-world contexts. This research is a descriptive research using a qualitative approach that aims to describe the mathematical literacy of junior school students in solving PISA model math problems with change and relationship content. The subjects of this study were three students: one with a high test score, one with a medium test score, and one with a low test score. The instruments used included PISA model math problems test with change and relationship content and interview guidelines. The collected data were analyzed using indicators of mathematical literacy that contain mathematical processes of formulating, applying, interpreting and evaluating. The results of this study show that students with high mathematical literacy scores can, identify the information given in the problems by writing down the known information and converting the problems into appropriate mathematical models, use the correct strategies to find solutions, there by obtaining correct results, interpret the results obtained in the context of real-world problems, provide appropriate conclusions based on the written solutions, and confirming that they have rechecked the steps taken. Students with medium mathematical literacy scores can, identify the information given in the problems by writing down the known information and converting the problems into appropriate mathematical models, use the correct strategies to find solutions, there by obtaining correct results in personal context problems, interpret the results obtained in personal context problems into contextual issues and provide appropriate conclusions, and evaluate the results by confirming that they have rechecked the steps taken. Students with low mathematical literacy scores can identify the information given in the problems by writing down the known information and converting the problems into appropriate mathematical models, do not use the correct strategies to find solutions due to their lack of mastery of the subject matter, do not interpret the results obtained into contextual issues as they do not complete the given problems, and evaluate the results by confirming that they have rechecked the steps taken.