Disusun Oleh : Irana Kiki Fatmala
NIM : 15020774058
Jurusan : Bahasa dan Sastra Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Urip Zaenal Fanani, M. Pd.
Tahun : 2019
Kata Kunci : belajar aktif, teks acak, teks dialog
Dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada kelas X OTKP SMK PGRI 13 Surabaya, ditemukan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyusun teks dialog bahasa Mandarin. Hal ini disebabkan kurangnya variasi strategi pembelajaran yang digunakan perngajar pada saat pembelajaran bahasa Mandarin berlangsung. Untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, peneliti menggunakan strategi pembelajaran aktif teks acak yang diharapkan dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran menyusun teks dialog bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin, mendeskripsikan efektifitas strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin, serta mendeskripsikan respon siswa pada penerapan strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Desain eksperimen pada penelitian ini yaitu menggunakan true eksperiment design (Pre-experiment desain). Populasi pada penelitian ini adalah kelas X OTKP SMK PGRI 13 Surabaya, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini berlangsung selama empat kali pertemuan. Dua kali pada kelas kontrol (dengan menggunakan metode pembelajaran langsung) dan dua kali pada kelas eksperimen (dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif teks acak).
Hasil analisis observasi aktivitas guru dan siswa kelas eksperimen (X OTKP 1) membuktikan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin pada siswa kelas X OTKP 1 SMK PGRI 13 Surabaya berjalan dengan sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil persentase lembar observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama diperoleh 83,34%, dan untuk pertemuan kedua mendapatkan persentase sebesar 88,04%. Kemudian pada lembar observasi aktivitas siswa pada kelas eksperimen pertemuan pertama mendapatkan persentase sebesar 82,5%, dan untuk pertemuan kedua mendapatkan persentase sebesar 85%. Berdasarkan persentase yang didapat, jika dilihat dari skala Likert maka termasuk dalam kriteria “sangat baik”.
Dari perhitungan analisis data tes, diperoleh derajat kebebasan (db) = 62, dan nilai taraf signifikan yang digunakan yaitu sebesar 1% (0,01) sehingga t-tabel (ta) yang didapatkan sebesar 2,39. Jika dilihat berdasarkan klasifikasi penerimaan hipotesis yang terdapat pada bab III dijelaskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima apabila to > t-tabel (ta). Hal ini sesuai dengan hasil yang didapatkan yaitu (4,31 > 2,39). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keefektifan strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin pada siswa kelas X OTKP 1 SMK PGRI 13 Surabaya sangat baik.
Hasil analisis angket respon siswa pada penerapan strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin menyatakan bahwa strategi pembelajaran aktif teks acak dapat membantu dan memotivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Hal ini dapat dibuktikan dari persentase penilaian pada butir-butir soal berdasarkan skala Likert termasuk dalam kriteria sangat baik. Dengan demikian, dapat diambil simpulan bahwa strategi pembelajaran aktif teks acak terbukti efektif untuk diterapkan pada siswa terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin.
Thesis By : Irana Kiki Fatmala
Major Department : Chinese Language and Litterature
Faculty : language and art
Name of Institution : State University of Surabaya
Supervisor : Dr. Urip Zaenal Fanani, M. Pd
Year : 2019
Keywords : active learning, random text, dialogue text
In learning Chinese in class X of the OTKP at SMK PGRI 13 Surabaya, difficulties were encountered by students in composing the dialogue text in Mandarin. This is due to the lack of variation in the learning strategies used by the instructor when learning Mandarin takes place. To overcome learning difficulties experienced by students, researchers used random text active learning strategies that are expected to facilitate students in learning to compose Chinese dialogue texts. The purpose of this study was to describe the application of random text active learning strategies to the ability to compose Chinese dialogue texts, to describe the effectiveness of random text active learning strategies for the ability to compose Chinese dialogue texts, and to describe student responses to the application of random text active learning strategies to the ability to compile language dialog texts Mandarin.
This research is an experimental research using quantitative types of research. The experimental design in this study was using true experiment design (Pre-experiment design). The population in this study was class X OTKP SMK PGRI 13 Surabaya, while the sample in this study was class X OTKP 1 as the experimental class and class X OTKP 2 as the control class. This study took place for four meetings. Twice in the control class (using the direct learning method) and twice in the experimental class (by using random text active learning strategies).
The results of the observation analysis of teacher and student activities in the experimental class (X OTKP 1) proved that the application of random text active learning strategies to the ability to compose Chinese dialogue texts in class X OTKP 1 SMK PGRI 13 Surabaya went very well. This can be proven from the results of the percentage of the observation sheet of teacher activities at the first meeting obtained 83.34%, and for the second meeting getting a percentage of 88.04%. Then on the observation sheet the activities of students in the experimental class of the first meeting get a percentage of 82.5%, and for the second meeting get a percentage of 85%. Based on the percentage obtained, if viewed from a Likert scale it is included in the criteria of "very good".
From the calculation of the test data analysis, obtained the degree of freedom (db) = 62, and a significance level of 1% (0.01) so t-table = 2,39. According to the third chapter then Ho rejected Ha accepted if to > t-table (ta). It is indicates that t-significant is greater than t-score (4,31 > 2,39). Thus, it can be concluded that the effectiveness of the random text active learning strategy on the ability to compose the Chinese dialogue text in class X OTKP 1 SMK PGRI 13 Surabaya is very good.
The results of the questionnaire analysis of student responses to the application of random text active learning strategies to the ability to compile mandarin dialogue texts stated that random text active learning strategies can help and motivate students in learning Mandarin. This can be proven from the percentage of assessment on the items based on the Likert scale included in the criteria very well. Thus, it can be concluded that random text active learning strategies have proven effective to be applied to students towards the ability to compose Chinese dialogue texts.