ANALISIS KEYAKINAN TENTANG MATEMATIKA DAN PENGETAHUAN KONTEN PEDAGOGIK MATEMATIKA CALON GURU MATEMATIKA
ANALYSIS OF BELIEFS ABOUT MATHEMATICS AND MATHEMATICS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE OF PROSPECTIVE MATHEMATICS TEACHERS
ABSTRAK
Muhyidin, Kholil. 2021. Analisis Keyakinan Tentang Matematika dan Pengetahuan Konten Pedagogik Matematika Calon Guru Matematika. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Rooselyna Ekawati, M.Sc.,Ph.D dan (II) A’yunin Sofro, M.Si.,Ph.D
Kata Kunci : Analisis, Keyakinan, pengetahuan konten pedagogik matematika
Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 seorang guru dituntut mengedepankan penalaran induktif. Sedangkan matematika bersifat deduktif sehingga mereka mengalami beberapa kesulitan. Kesulitan tersebut yaitu dalam pelaksanaan pembelajaran seorang guru dituntut tidak hanya menguasai materi dan menerapkan langkah-langkah pembelajaran. Namun juga harus dapat membuat siswa mau dan mampu bertanya, mencoba, dan berani mempresentasikan. Selain itu guru merasa lebih nyaman mengggunakan pembelajaran yang bersifat deduktif.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara keyakinan tentang matematika dengan pengetahuan konten pedagogik matematika yang dimiliki calon guru matematika pada materi rasio dan proporsi. (2) Untuk mengetahui pengetahuan konten pedagogik matematika calon guru ditinjau dari pandangan keyakinan tentang matematika yang dimilikinya pada materi rasio dan proporsi.
Dengan sampel sebanyak 31 mahasiswa calon guru. Penelitian ini menggunakan 2 fase yaitu kuantitatif dan kualitatif. Fase kuantitatif meliputi Analisis data statistik menggunakan uji korelasi rank-spearman. Fase Kualitatif meliputi, deskripsi pengetahuan konten pedagogik matematika calon guru ditinjau dari pandangan keyakinan tentang matematika yang dimilikinya pada materi rasio dan proporsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara keyakinan tentang matematika dan pengetahuan konten pedagogik matematika calon guru. Sementara itu, deskripsi pengetahuan konten pedagogik matematika calon guru ditinjau dari pandangan keyakinan tentang matematika yang dimilikinya pada materi rasio dan proporsi sebagai berikut: (1) Deskripsi pengetahuan tentang pemahaman siswa terhadap konsep: Calon guru yang memiliki pandangan keyakinan tentang matematika instrumentalis menguasai hampir semua indikator dalam pengetahuan tersebut, kecuali pada indikator pengetahuan dalam menganalisis kesalahan dan miskonsepsi siswa. Sedangkan calon guru yang memiliki pandangan keyakinan tentang matematika platonis hampir belum menguasai semua indikator dalam pengetahuan tersebut, kecuali pada pengetahuan mengembangkan permasalahan dan menganalisis kesalahan serta miskonsepsi siswa. Calon guru yang memiliki pandangan keyakinan tentang matematika problem solving hampir menguasai semua indikator dalam pengetahuan tersebut, kecuali pada pengetahuan dalam mengidentifikasi tanggapan siswa tentang masalah kontekstual. (2) Deskripsi pengetahuan tentang pengajaran konsep: Calon guru yang memiliki pandangan keyakinan tentang matematika instrumentalis menguasai hampir semua indikator pada pengetahuan tersebut, kecuali pada indikator memberikan umpan balik atas miskonsepsi siswa. Calon guru yang memiliki pandangan keyakinan tentang matematika platonis belum menguasai indikator dalam pengetahuan tersebut, kecuali pada pengetahuan menganalisis metode pengajaran yang dilakukan. Calon guru yang memiliki pandangan keyakinan tentang matematika problem solving menguasai hampir semua indikator pada pengetahuan terebut, kecuali pada indikator memberikan umpan balik atas miskonsepsi siswa. (3) Deskripsi pengetahuan tentang konsep tingkat tugas dan pengetahuan tentang pendekatan pengajaran: Calon guru yang memiliki pandangan keyakinan tentang matematika instrumentalis dan problem solving menguasai semua indikator dalam pengetahuan tersebut. Sedangkan calon guru yang memiliki pandangan keyakinan tentang matematika platonis belum menguasai semua indikator dalam pengetahuan tersebut.
ABSTRACT
Muhyidin, Kholil. 2021. Analysis of Beliefs About Mathematics and Mathematics Pedagogical Content Knowledge of Prospective Mathematics Teachers. Thesis, Mathematics Education Program, Postgraduate State University of Surabaya. Advisors: (I) Rooselyna Ekawati, M.Sc.,Ph.D and (II) A’yunin Sofro, M.Si.,Ph.D
Keywords: Analysis, Beliefs, Mathematics pedagogical content knowledge
In implementing the 2013 curriculum, a teacher is required to prioritize inductive reasoning. While mathematics is deductive so they experience some difficulties. The difficulty is that in the implementation of learning, a teacher is to do not only mastering the material and applying learning steps. But also must be able to make students interested and able to ask questions, try, and dare to present. In addition, teachers feel more comfortable using deductive learning.
This study aimed (1) to determine whether there is a relationship between beliefs about mathematics and mathematics pedagogical content knowledge possessed by prospective mathematics teachers on ratio and proportion material. (2) To find out the mathematics pedagogical content knowledge of prospective teachers in terms of their beliefs about mathematics in the ratio and proportion material.
With a sample of 31 student teacher candidates. This study used 2 phases, used by quantitative and qualitative. The quantitative phase included statistical data analysis by using the rank-spearman correlation test. The qualitative phase included a description of the mathematics pedagogical content knowledge of prospective teachers in terms of their beliefs about mathematics in the ratio and proportion material.
The results of research showed that there was no relationship between beliefs about mathematics and mathematics pedagogical content knowledge of prospective teachers. Meanwhile, the description of the mathematics pedagogical content knowledge of prospective teachers in terms of their beliefs about mathematics in the ratio and proportion material is as follows: (1) Description of knowledge about students' understanding of the concepts: Prospective teachers who have a belief in instrumentalist mathematics have mastered almost all indicators in this knowledge, except for indicators of knowledge in analyzing students' errors and misconceptions. Meanwhile, prospective teachers who have a belief in platonic mathematics almost have not mastered all the indicators in this knowledge, except for the knowledge of developing problems and analyzing students' errors and misconceptions. Prospective teachers who have a belief in mathematical problem solving almost mastered all indicators in this knowledge, except for knowledge in identifying students' responses to contextual problems. (2) Description of knowledge about teaching of the concepts: Prospective teachers who have a belief in instrumentalist mathematics mastered almost all indicators on this knowledge, except for indicators of providing feedback on students' misconceptions. Prospective teachers who have a belief in platonic mathematics have not mastered the indicators in this knowledge, except for the knowledge of analyzing the teaching methods used. Prospective teachers who have a belief in problem solving mathematics have mastered almost all indicators on this knowledge, except for indicators of providing feedback on students' misconceptions. (3) Description of knowledge about task level concepts and knowledge of teaching approaches: Prospective teachers who have a belief in instrumentalist mathematics and problem solving have mastered all indicators in that knowledge. Meanwhile, prospective teachers who have a belief in platonic mathematics have not mastered all the indicators in this knowledge.