ABSTRAK
Asri Widiyarno. 2019. Pengaruh Pengunaan Metode Pembelajaran
Bermain Peran Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Sosial dan Pemahaman
Konsep Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar,
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr.
Rusijono, M.Pd., dan (II) Dr. Suhanadji, M.Si.
Kata-kata Kunci: bermain peran, keterampilan sosial,
pemahaman konsep, IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) Pengaruh
metode pembelajaran bermain peran berbantuan video terhadap keterampilan sosial
pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Sidotopo I/48 Surabaya, (2) Pengaruh
metode pembelajaran bermain peran berbantuan video terhadap pemahaman konsep
pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Sidotopo I/48 Surabaya.
Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen semu
atau quasi eksperimental design dengan pretest posttest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Sampel penelitian
adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas
kontrol . Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes.
Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent samples t-test dengan bantuan software IBM SPSS 24.0 for Windows.
Hasil analisis data observasi
keterampilan sosial siswa memperoleh skor rata-rata 66% untuk pretest kelas kontrol dan
68% untuk pretest kelas eksperimen, sedangkan untuk hasil posttest pada kelas
kontrol mendapatkan skor rata-rata 73% dan kelas eksperimen mendapat skor 84%. H asil uji-t
keterampilan sosial menunjukan thitung 10,574 >
ttabel 1,67155 dan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil analisis data pemahaman konsep siswa
memperoleh nilai
rata-rata pretest 51,83 untuk kelas kontrol dan 50,33 untuk kelas eksperimen
sedangkan hasil posttest 77,83 untuk kelas kontrol dan 84 untuk kelas
eksperimen. Hasil uji-t pemahaman konsep siswa menunjukkan thitung 2,374
> ttabel 1,67155 dan nilai sig. (2-tailed)
0,022 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1)
ada pengaruh metode pembelajaran bermain peran berbantuan
video terhadap keterampilan sosial pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN
Sidotopo I/48 Surabaya , dan (2) ada pengaruh metode pembelajaran bermain peran berbantuan
video terhadap pemahaman konsep pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN
Sidotopo I/48 Surabaya.