UPAYA GURU DALAM MENANGANI KARAKTER SISWA YANG HETEROGEN SEBAGAI DAMPAK SISTEM ZONASI DI SMPN 5 GRESIK
TEACHER EFFORTS IN HANDLING HETEROGENIC STUDENT CHARACTERS AS THE IMPACT OF ZONATION SYSTEM AT SMPN 5 GRESIK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter siswa yang diterima dari sistem zonasi dan mengetahui upaya guru dalam menangani karakter siswa yang heterogen sebagai dampak sistem zonasi di UPT SMPN 5 Gresik dan memberikan pemahaman bagi guru agar sesuai upaya yang digunakan untuk menangani karakter siswa yang heterogen sebagai dampak sistem zonasi. Teori yang digunakan yaitu teori pembentukan karakter yang baik dari Thomas Lickona. Konsep dari teori ini menunjukkan karakterhterbentuk menjadi tiga macam bagian yang saling berkaitan yaitu pengetahuan moral, perasaan moral, dan perilaku moral. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemilihan informan yang menjadi sumber data penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Informan dari penelitian ini meliputi Guru Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, Guru Bimbingan Konseling, Guru Pendidikan Agama Islam serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa karakter siswa sistem zonasi dianggap kurang baik karena mereka kurang memiliki sikap toleransi, disiplin dan bertanggungjawab serta upaya yang dilakukan guru yaitu dengan menerapkan kebiasaan 5S dalam pembelajaran di sekolah agar siswa lebih santun terhadap guru dan sesama teman. Guru memberikan punishment pada peserta didik yang berkarakter kurang baik. Guru akan melakukan konseling secara individu dan melakukan bimbingan kelompok serta memberi penguatan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan.
Kata Kunci: Guru, Karakter, Zonasi
This study aims to describe the character of students received from the zoning system and to find out the teachers efforts in dealing with the heterogeneous character of students as the impact of the zoning system at UPT SMPN 5 Gresik and to provide an understanding for the teacher to appropriate the efforts used to deal with the heterogeneous character of students as a impact of the zoning system. The theory used is the theory of good character foarmation by Thomas Lickona. The concept of this theory shows that character is formed into three interrelated parts, namely moral knowledge, moral feelings, and moral behavior. The research method used is a qualitative approach with an exploratory design. Data collection techniques using observation, in depth interviews, and documentation. The selection of informants as the source of the research data was selected by using purposive sampling technique. The informants of this study include Pancasila & Citizenship Education Teachers, Counseling Guidance Teachers, Islamic Religious Education Teachers and Deputy Principals for Student Affairs. The results of the research carried out revealed that the character of the zoning system students was considered poor brcause they do not have enough tolerance, discipline, responsible, and the efforts made by the teacher, namely by implementing 5S habits in learning at school so that students were more polite towards teachers and peers. The teacher gives punishment to students with poor character. The teacher will conduct individual counseling and provide group guidance and provide reinforcement through religious activities.
Keywords: Teachers, Character, Zoning