Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas 4 Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif jenis library research dengan pendekatan deskriptis analitis tentang muatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam buku teks bahasa indonesia dan implementasinya dalam pembelajaran. Partisipan penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 4 MIN 1 Kota Madiun yang terdiri dari 4 kelas pararel, waktu penelitian yaitu selama oktober 2024. Langkah yang dilakukan yaitu menganalisis konten tentang kearifan lokal dan unsur karakter yang terdapat di buku teks Bahasa Indonesia kelas 4, lalu melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner terhadap siswa dan guru. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia kelas 4 Kurikulum Merdeka memuat unsur kearifan lokal melalui cerita-cerita menarik dan mengandung pendidikan karakter seperti nilai kejujuran, gotong royong, dan penghormatan terhadap orang tua. Namun, muatannya masih terbatas pada representasi budaya daerah tertentu di Indonesia. Menurut sebagian besar siswa, bahwa konten bermuatan karifan lokal memiliki cerita yang menarik.
Kata Kunci: Pendidikan karakter, kearifan lokal, buku teks, bahasa Indonesia
ABSTRACT
This study aims to describe, identify the challenges faced, and assess students' responses to the implementation of character education based on local wisdom in the 4th-grade Indonesian language textbook of the Merdeka Curriculum in elementary schools. The method used is qualitative, specifically library research, with a descriptive-analytical approach to examining the content of character education based on local wisdom in the Indonesian language textbook and its implementation in teaching. The participants in this study are teachers and 4th-grade students at MIN 1 Madiun City, consisting of 4 parallel classes, with the research conducted in October 2024. The steps taken include analyzing the content related to local wisdom and character elements in the 4th-grade Indonesian language textbook, followed by conducting interviews and distributing questionnaires to students and teachers. The findings concluded that the 4th-grade Indonesian language textbook of the Merdeka Curriculum contains elements of local wisdom through engaging stories and includes character education such as the values of honesty, mutual cooperation, and respect for parents. However, its content is still limited to representing the culture of certain regions in Indonesia. According to most students, the content with local wisdom is engaging and features interesting stories.
Keywords: Character education, local wisdom, textbooks, Indonesian language.