Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Pembagian Pecahan Di Sekolah Dasar
The use of interactive multimedia in learning the concept of division of fractions in elementary school
Dalam pembelajaran konsep pembagian pecahan matematika kelas IV SDN
JOHO 01 terdapat 10 dari 16 siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal
pembagian pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal pembagian pecahan melalui
penggunaan multimedia interaktif. Subjek dalam penelitian ini yaitu semua
siswa kelas IV SDN JOHO 01 sebanyak 16 siswa. Data yang dikumpulkan
pada penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi guru dan siswa.
Penelitian yang dilakukan merupakan suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
kolaboratif antara peneliti dan guru kelas yang dirancang dalam dua siklus
dengan terdapat empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang kurangnya
75% siswa mampu mengerjakan soal soal pembagian pecahan dengan benar
dan memperoleh nilai
.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai
berikut: (a) pada siklus I hasil rata-rata presentase indikator pemahaman siswa
terhadap konsep pembagian pecahan mencapai 60% dan mengalami
peningkatan sebesar 79% pada siklus II (b) hasil belajar siswa yang sudah
mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 50% dan mengalami peningkatan
pada siklus II sebesar 81,25%.
Kata kunci : Multimedia Interaktif, Konsep Pembagian Pecahan.
In learning a concept of division of mathematical fractions for the fourth
graders SDN JOHO 01, there are 10 out of 16 students who still have difficulty
working on the questions. The purpose of this study was to determine the
increase in student learning outcomes in solving fraction division problems
through the use of interactive multimedia. The subjects of this study were
fourth grade students of SDN JOHO 01 as many as 16 students and class
teachers. The data collected in this study include student learning outcomes,
teacher and student observations. This research is a Classroom Action
Research (CAR) which is designed in two cycles and includes 4 stages, namely
planning, action, observation, and reflection. In this study it can be said to be
successful if at least 75% of students are able to work on fractional division
questions correctly and get a score > 6.5. The results of this study can be stated
as follows:The results of this study can be stated as follows: (a) in the first
cycle the average percentage of indicators of students' understanding of the
concept of dividing fractions reached 60% and experienced an increase in the
second cycle of 79% (b) student learning outcomes who have reached the
KKM value in the first cycle by 50% and an increase in the second cycle by
81.25%.
Keyword : Interactive Multimedia, Fraction Division Concept