LEGAL ANALYSIS OF PARENTS USING CHILDREN AS A MEDIA ENDORSEMENT OF A PRODUCT
Endorsement merupakan salah satu strategi komunikasi dan pemasaran yang biasa dilakukan melalui toko online kepada artis/selebriti di media sosial. Endorsement bertujuan untuk menciptakan ketertarikan masyarakat terhadap produk yang ditawarkan di media sosial. Pada kenyataan yang terjadi saat ini, endorsement produk seringkali melibatkan anak dalam proses komunikasi dalam penyampaian di media sosial maupun foto produk dan iklan-iklan tertentu. Secara tidak langsung, anak tersebut telah menghasilkan pendapatan (finansial) dari media endorsement. Hal ini menimbulkan eksploitasi anak yang tidak disadari oleh orang tua nya dikarenakan hak anak yang sesuai dengan UU Perlindungan Anak tidak diterima semesti nya oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbuatan orang tua yang menjadikan anak sebagai media endorsement suatu produk termasuk tindakan eksploitasi anak, serta menganalisis akibat hukum dari orang tua yang menjadikan anak sebagai media endorsement suatu produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Bahan hukum yang digunakan berupa bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan.
Endorsement is one of the communication and marketing strategies that is usually done through online shops to artists/celebrities on social media. Endorsement aims to create public interest in the products offered on social media. In the current reality, product endorsements often involve children in the communication process in delivering on social media as well as product photos and certain advertisements. Indirectly, the child has generated (financial) income from media endorsements. This leads to exploitation of children who are not realized by their parents because children's rights in accordance with the Child Protection Act are not properly accepted by children. This study aims to determine and analyze the actions of parents who make children as a media endorsement of a product, including acts of child exploitation and analyze the legal consequences of parents who make children as a media endorsement of a product. This study uses a normative legal research method with a statutory and conceptual approach. The legal materials used are primary legal materials and secondary legal materials obtained through literature study.