Etnomatematika Pada Candi Sumur Sebagai Konsep Geometri di Sekolah Dasar
Ethnomathematics of Sumur Temple as a Geometry Concept in Elementary School
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep geometri di sekolah dasar yang terdapat pada Candi Sumur dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Tahapan dalam penelitian ini dibagi menjadi empat tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Subjek penelitian yang dipilih yaitu juru kunci Candi Sumur, guru SD dari empat SD negeri di Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya konsep geometri di sekolah dasar pada Candi Sumur Sidoarjo seperti, bentuk bangun datar persegi yang ditemukan pada dasar sumurnya sehingga sumur itu sendiri berbentuk balok sebagai salah satu keunikannya. Terdapat juga bentuk bangun datar persegi panjang, trapesium, segitiga, dan jajar genjang di badan candi. bentuk bangun ruang balok, dan bentuk bangun ruang limas segi empat yang ditemukan pada atap Candi Sumur yang menghadap arah utara sedangkan atap yang menghadap arah selatan memiliki bentuk bangun ruang limas segi empat terpancung. Implikasi dari temuan konsep geometri pada Candi Sumur tersebut dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pembelajaran matematika berbasis budaya di sekolah dasar.
This study aims to describe elementary school geometry concepts in Sumur Temple used qualitative approach, and data gathering techniques were observation, documentation, and interviews. The stages of this study divided to four stages, which are preliminary research stage, the preparation stage, the implementation stage, and the data analysis stage. Some of the study subjects were, the site guard, elementary school teachers at four state schools in Sidoarjo. The results of this study are : (1) there are elementary school geometry concepts in Sidoarjo Sumur Temple like, square found at the bottom of the well so that well has cuboid shape as the uniqueness of the Sumur Temple. Other shapes appeared in the temple such as trapezoid, triangle, and parallelogram. The three dimensional shapes are found, namely cube in the body of the temple, square pyramid found as the temple roof facing north, whilst the roof on south has a cut square pyramid. The implications of finding is that the geometry concept at the Sumur Temple can be used as an alternative to culture-based mathematics learning in elementary schools.