Hubungan antara Strategi Mendengarkan Metakognitif dan Pemahaman Mendengarkan pada Siswa di Sekolah Menengah
The Correlation between Metacognitive Listening Strategies and Listening Comprehension among Students in Secondary School
Abstrak
Dalam mempelajari bahasa asing, mendengarkan merupakan keterampilan yang penting untuk mendukung masukan siswa dan perkembangan bahasa. Siswa menggunakan pemahaman mendengarkan mereka dalam mengolah masukan yang telah mereka dapatkan. Namun, banyak permasalahan yang muncul dalam pemahaman mendengarkan. Strategi mendengarkan metakognitif merupakan salah satu strategi mendengarkan yang dapat membantu siswa untuk mengontrol pembelajaran mereka dan memecahkan masalah guna mencapai tujuan dari pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara strategi mendengakan metakognitif dan pemahaman mendengarkan siswa di sekolah menengah. Untuk mempelajari hubungan ini, 65 siswa dipilih sebagai sampel penelitian ini dan disurvei menggunakan angket dan tes mendengarkan. Yaitu Listening Comprehension Strategy Questionnaire (LCSQ) dan Tes Latihan TOEFL standar junior untuk mengetahui skor pemahaman mendengarkan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa lebih sering menggunakan strategy perencanaan (M= 3.78) dan pemecahan masalah (M= 3.72). Ditemukan bahwa strategi metakognitif memiliki hubungan positif yang rendah dengan pemahamn mendengarkan siswa (p= 0.024 dan r= .280). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang rendah antara salah satu komponen dalam strategi mendengarkan metakognitif, strategi pemecahan dan pemahaman mendengarkan siswa (p= 0.006 dan r= .337). Dengan demikian, strategi mendengarkan metakognitif bermanfaat bagi siswa dalam pemahaman mendengarkan.
Abstract
In learning a foreign language, listening is an essential skill to support students’ input and language development. The students use their listening comprehension in processing the input that they heard. However, many problems arise in listening comprehension. Metacognitive listening strategies is one of listening strategies that can help students to control their learning and solve problems to achieve learning outcomes. Focusing on metacognitive listening strategies, this study was conducted to find out the correlation between metacognitive listening strategies and listening comprehension in secondary school. In order to study this relationship, 65 students were chosen as the sample of this study and were surveyed with a questionnaire and listening test. Those are Listening Comprehension Strategy Questionnaire (LCSQ) and Practice Test for the TOEFL junior standard test to determine students’ listening comprehension scores. The result of this study showed that the students were more likely to use planning strategy (M= 3.78) and problem-solving strategy (M= 3.72) to ease them in listening comprehension. It was found that metacognitive listening strategy had a low positive relationship with students’ listening comprehension (p= 0.024 and r= .280). The result also revealed that there was a low positive correlation between one of the component in metacognitive listening strategies, problem-solving strategy, and students’ listening comprehension (p= 0.006 and r= .337). Thus, metacognitive listening strategies were beneficial for students in listening comprehension.