Konser Virtual Sebagai Teknik Pemasaran Dalam Kursus Musik Gracia Kediri
Virtual Concert as a Marketing Technique in a Gracia Kediri Music Course
Pandemi Covid-19 menyebabkan dampak buruk terhadap pembelajaran pada lembaga kursus musik, yaitu penurunan jumlah siswa. Kursus musik Gracia merupakan lembaga non-formal yang memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bentuk konser virtual melalui media youtube maupun instagram. Subjek penelitian terdiri dari pemilik kursus, karyawan, wali murid siswa, dan siswa Gracia. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tahapan pelaksanaan dan hasil dari konser virtual sebagai teknik pemasaran di kursus musik Gracia Kediri. Manfaat teoritis yaitu hasil penelitian diharapkan dapat memperkuat teori pemasaran dalam mempertahankan kursus. Sedangkan manfaat praktis bagi lembaga kursus yaitu dapat menjadi acuan bagi lembaga kursus lain. Bagi mahasiswa dapat mengembangkan teori pemasaran dalam ranah pendidikan sebagai acuan penelitian. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, program konser virtual berhasil meningkatkan jumlah peminat yang dibuktikan melalui penambahan jumlah siswa Gracia setelah penyelenggaraan konser. Antusias peserta didik terlihat pada proses penyelenggaraan konser virtual, diantaranya dalam penguasaan lagu yang dimainkan, serta peran wali murid turut mempersiapkan peserta didik dalam pemilihan kostum dan latihan mandiri. Strategi pemasaran yang dilakukan melalui pemilihan lagu hingga konsep konser virtual yang akan ditampilkan, lalu pengambilan video pada masing-masing peserta didik, serta tahap evaluasi yang berfungsi untuk mengetahui detail penyelenggaraan konser secara utuh. Program konser virtual Gracia diagendakan secara rutin dan berkelanjutan.
Kata Kunci: Konser Virtual, Pemasaran, Kursus Musik.
The COVID-19 pandemic has had a negative impact on learning at music course institutions, namely a decrease in the number of student. Gracia music courses are non-formal institutions that take advantage of technological advances in the form of virtual concerts through Youtube and Instagram media. The research subjects consistend of course owners, employes, student guardians, and Gracia students. The purpose of this study is to describe the stages of implementation and results of virtual concerts as a marketing technique in th Gracia Kediri music course. Theoretical benefits, namely research result are expected to streng then marketing theory maintaining the course. While the practical benefits for course institutions. Students can develop marketing theory in the realm of education as a research discussions, the virtual concert program secceeded in increasing the number of enthusiast as evidenced by the addition of the number of Gracia students after the concert. The enthusiasm of students is seen in the process of organizing virtual concerts, including in mastering the songs played, as well as the role of guardians in preparing students for custome selection and independent practice. The marketing strategy is carried out through the selection of songs to the concept of virtual concert that will be displayed, then taking videos of each student, as well as the evaluation stage wich functions to find out the details of the concert as a whole. Gracia’s virtual concert program is scheduled regularly and continuously. Keywords: Virtual Concert, Marketing, Music Course