PENGARUH BRAND IMAGE DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE DI KOTA SURABAYA
THE EFFECT OF BRAND IMAGE AND HEDONIS LIFESTYLE ON IPHONE PURCHASE DECISIONS IN SURABAYA
ABSTRAK
Penelitiannya bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak citra merek dan gaya hidup hedonisme terhadap keputusan pembelian iPhone. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya hidup Hedonisme (X1) dan Citra Merek (X2), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian (Y). Sampel penelitian sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 18 for Windows computer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image dan Gaya Hidup Hedonisme berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone di Surabaya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan masyarakat dapat lebih cermat dalam menentukan keputusan pembelian, termasuk bagaimana menjadikan gaya hidup dan citra merek sebagai pertimbangan dalam keputusan pembelian.
Kata Kunci: Citra Merek, Gaya Hidup, Hedonisme, iPhone, Keputusan Pembelian
ABSTRACT
This research aims to discover and analysis the impact of brand image and hedonism lifestyle on iPhone buying decisions. The independent variables of this research are Hedonism lifestyle (X1) and Brand Image (X2), whereas the dependent variable of this research is Purchasing Decision (Y). The research samples were 100 people with the sampling technique used was non-probability sampling. Data processing was carried out using SPSS 18 for Windows computer software. The data analysis technique used in this research was done with Multiple Linear Regression. The research results indicated that Brand Image and Hedonism Lifestyle significantly affects iPhone purchasing decisions in Surabaya. With this research, it is hoped that people can be more observant in determining purchasing decisions, including how to make lifestyle and brand image a consideration in purchasing decisions.
Keywords: Brand Image, Lifestyle, Hedonisme, iPhone, Buying Decision.