Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan technique Flipped Classroom yang dibantu dengan video digital siswa untuk proses pengajaran dialog transaksional kelas sepuluh. Flipped classroom adalah serangkaian aktifitas belajar yang menggabungkan antara aktifitas di kelas dan juga dirumah, Hal ini menjadi sebuah strategi yang bagus dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasana yang berbeda dengan cara penggunaan teknologi melalui kegiatan belajar siswa/ Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk memasukkan video digital yang dibuat para siswa sebagai sebuah projek yang mana dapat dipublikasikan dalam siaran YouTube ketika diluar kegiatan kelas dan di dalam kelas. Penilitian ini menggunakan qualitative research design untuk mengetahui bagaimana penerapan tekhnik Flipped Classroom. Subjek dalam penelitian ini adalah sejumlah murid kelas sepuluh di salah satu SMA negeri di Gresik. Untuk mengumpulkan data peneliti akan menggunakan metode observasi untuk mendalami lebih jauh tentang Flipped classroom yang dibantu dengan video digital dan juga sosial media dalam proses pembelajaran dengan tujuan ilmu mendidik. Penelitian ini membuktikan bahwa para pendidik dapat menggabungkan permasalahan dalam dunia internet menjdai hal-hal yang bersifat positif tehadap pencapaian para murid dalam proses pembelajaran dan penguasaan beberapa keahlian dalam bahasa.
Kata Kunci: Teknik Flipped classroom, Digital Video, Situs Belajar Online
The research aims to know how is the implementation of Flipped classroom aided with SCDVs (student created digital videos) in teaching interactional dialogue for ten graders. Flipped classroom is a series of learning activities which flip the activities in the class and also at home. It becomes a good strategy in learning to create a different atmosphere by using the technology towards students’ activities. In this study, the researcher tried to involve SCDVs (Student-created digital videos) as the student’s project which posted on YouTube Channel outside the class and in class activities. The study uses qualitative research design to know how is the implementation of flipeed classroom aided with SCDVs towards social media “YouTube” as a bridge and new learning practices in flipped classroom. The subjects of the study of this research are the students in X science 1 and a teacher in one of state senior high school in Gresik district area. To collect the data, the observation will be used to explore in depth about online social media in learning within pedagogic purposes. This research has proved that educators certainly can draw merits from the ongoing issue on social networking sites as it may positively contribute to the students’ achievements in learning and language skills.
Keywords: Flipped classroom, SCDVs (student created digital videos), Online Website Learning.