PENGEMBANGAN MEDIA PODCAST CERITA ISLAMI UNTUK KETERAMPILAN BERCERITA KELAS IV SEKOLAH DASAR
THE DEVELOPMENT OF MEDIA ISLAMIC PODCAST FOR STORYTELLING SKILLS FOR 4TH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Keterampilan berbicara adalah keterampilan yang dibutuhkan oleh peserta didik. Adapun metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan berbicara adalah metode bercerita. Namun, terdapat jenis cerita yang kurang diminati peserta didik yaitu jenis cerita non fiksi. Hal tersebut dikarenakan kurangnya motivasi dalam mempelajari teks nonfiksi karena cerita non fiksi jauh lebih sistematis, baku, dan monoton. Selain itu, kurangnya media pembelajaran untuk menunjang berlangsungnya pembelajaran juga menyebabkan peserta didik kurang bersemangat untuk mempelajari teks nonfiksi. Terlebih lagi proses pembelajaran hingga saat ini masih banyak dilakukan secara daring yang disebabkan Pandemi Covid 19 di Indonesia. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang tepat agar pembelajaran berjalan efektif. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menghasilkan produk yang berwujud media Podcast Cerita Islami yang sudah diuji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Metode pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini yaitu metode ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data yang digunakan adalah data kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi materi, validasi media, angket respon pengguna, dan juga lembar pre-post test. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi media yang mendapatkan skor 88,57% yang termasuk kategori “Sangat Valid”, hasil validasi materi memperoleh skor 88,57% yang termasuk kategori “Sangat Valid”. Hasil kepraktisan dari lembar angket repon guru memperoleh 94% dengan kategori “Sangat Praktis” dan lembar angket respon peserta didik memperoleh skor sebesar 94,4% dengan kategori “Sangat Praktis”. Media Podcast Cerita Islami juga dikatakan efektif karena P-Value yang diperoleh kurang dari 5% (0,05) sehingga diambil keputusan untuk menolak hipotesis nol.
Kata kunci: pengembangan, media Podcast Cerita Islami, keterampilan bercerita
Speaking skills are skills needed by students. The method that can be used to improve speaking skills is the storytelling method. However, there are types of stories that are less attractive to students, namely the types of non-fiction stories. This is due to the lack of motivation in studying non-fiction texts because non-fiction stories are much more systematic, standardized, and monotonous. In addition, the lack of learning media to support the ongoing learning also causes students to be less enthusiastic about studying non-fiction texts. Moreover, the learning process is still mostly done online due to the Covid 19 pandemic in Indonesia. So it takes the right learning media so that learning runs effectively. The purpose of this research is to produce a product in the form of Islamic Stories Podcast media that has been tested for validity, practicality, and effectiveness. The development method applied in this research is the ADDIE method which consists of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data used is quantitative data. The instruments used are material validation sheets, media validation, user response questionnaires, and also pre-post test sheets. The results showed that the media validation results obtained a score of 88.57% which was included in the "Very Valid" category, the material validation results obtained a score of 88.57% which was included in the "Very Valid" category. The results of the practicality of the teacher response questionnaire sheet obtained 94% in the "Very Practical" category and the student response questionnaire sheet obtained a score of 94.4% in the "Very Practical" category. The Islamic Story Podcast Media is also said to be effective because the P-Value obtained is less than 5% (0.05) so the decision was taken to reject the null hypothesis.
Keywords: development, Islamic Story Podcast media, storytelling skills