Pengembangan Media Infografis Aplikasi Canva Di Kelas X SMKN 6 Surabaya Mata Pelajaran Informatika.
Development of Canva Application Infographic Media in Class X SMKN 6 Surabaya Informatics Subject.
Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran berbasis Infografis menggunakan aplikasi Canva untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas X di SMKN 6 Surabaya pada mata pelajaran Informatika. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesenjangan dalam hasil belajar dan kreativitas siswa yang teramati selama proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan fitur-fitur Canva, diharapkan siswa dapat menyajikan informasi secara visual yang menarik dan mudah dipahami, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, media, dan bahasa untuk memastikan kelayakan media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan pada perhitungan One Way Anova, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai dan kreativitas siswa pada kelas intervensi dan kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa Media Canva memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan Canva sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Selain itu, penggunaan Canva juga mendorong kolaborasi antar siswa, meningkatkan keterampilan sosial, dan memperkaya hasil akhir proyek pembelajaran.
This research focuses on developing infographic-based learning media using the Canva application to improve learning outcomes and creativity for class X students at SMKN 6 Surabaya in the Informatics subject. The background to this research is that there are gaps in student learning outcomes and creativity observed during the learning process. By utilizing Canva's features, it is hoped that students can present information visually that is attractive and easy to understand, as well as developing critical and analytical thinking skills. This research uses the ADDIE development model which includes the stages of analysis, design, development, implementation and evaluation. Validation is carried out by material, media and language experts to ensure the suitability of the media being developed. The research results show that based on One Way Anova calculations, a significance value of 0.000 <0.05 is obtained, which indicates that there is a significant difference between students' grades and creativity in the intervention and control classes. This shows that Canva Media has a significant influence on student learning outcomes. Using Canva as a learning medium can increase student creativity and learning outcomes compared to conventional learning methods. Apart from that, using Canva also encourages collaboration between students, improves social skills, and enriches the final results of learning projects.