ABSTRAK
Rochmawati, Dyah. 2019, Mekanisme Humor Verbal dari Teks Lelucon Pendek: Analisis Pragma-Retorik. Disertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra . Program Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof. Fabiola D. Kurnia, M.Pd., Co-promotor: Suharsono, M.Phil., Ph.D.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan fenomena bahasa yang menciptakan humor dalam teks-teks lelucon tertulis yang dipilih dilihat dari pendekatan retorika dan pragmatis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) strategi retorika macam apa yang digunakan dalam teks lelucon yang diteliti untuk menciptakan humor berdasarkan Teori Umum Humor Verbal dari Attardo, (2) strategi pragmatis seperti apa yang digunakan dalam teks-teks lelucon yang diteliti untuk menciptakan humor berdasarkan Prinsip-prinsip Kerjasama dari Grice, (3) bagaimana strategi retorika dan pragmatis saling berhubungan untuk menciptakan humor dalam teks-teks lelucon yang diteliti, dan (2) bagaimana lelucon yang dipilih dianggap lucu oleh mahasiswa Indonesia yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena menekankan pada penggambaran fenomena bahasa dalam humor. Data penelitian dalam bentuk penggalan-penggalan tuturan dari pembicara-pembicara dalam tiap-tiap teks lelucon. Sumber data adalah teks lelucon dari majalah Reader’s Digest. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Setelah dikumpulkan, data dikategorikan dan dianalisis berdasarkan jenis strategi retoris dan interaksi yang tidak menaati Pronsip-prinsip Kerjasama. Untuk meyakinkan validitas data dalam penelitian ini, triangulasi digunakan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.(1) Teks-teks lelucon yang diteliti menggunakan berbagai cara retoris dalam terciptanya humor. Berbagai alat manipulatif dan retoris di tingkat fonologis, sintaksis, leksikal, semantik, dan pragmatis digunakan dalam teks. Secara retorik, sesuai dengan Teori Umum Humor Verbal dari Attardo, teks-teks lelucon yang diteliti menerapkan sumber pengetahuan yang terdiri dari (a) oposisi skrip, (b) mekanisme logis, (c) situasi, (d) target, (e) strategi naratif; dan (f) bahasa yang memicu terciptanya lelucon. Dari perspektif pragmatis, ada lima cara di mana maksim (aturan) tidak diamati (penyimpangan maksim) dalam teks lelucon yang diteliti, yaitu: (1) pelanggaran maksim yang disengaja (violating), (2) pelanggaran yang dilakukan oleh pembicara secara diam-diam dengan sengaja melanggar maksim untuk mengharapkan pendengarnya menangkap maksud yang tersembunyi tanpa bermaksud membohonginya (flouting), (3) pembicara tidak mau mematuhi maksim (opting out), (4) pelanggaran maksim akibat pengetahuan dan kemampuan berbahasa pembicara yang kurang baik (infringing), dan (5) penangguhan maksim (suspending) sesuai dengan empat prinsip prinsip kerja sama Grice (1975) yang diterapkan pada tuturan-tuturan lucu dalam teks lelucon. Namun, hasil penelitian mengungkapkan bahwa tidak semua fenomena lucu dapat dijelaskan dengan Prinsip Kerja Sama. Pertama, teori prinsip kerja sama biasanya digunakan untuk menyimpulkan implikasi dari percakapan. Tidak semua teks-teks lelucon dalam bentuk percakapan sehingga teori tersebut tidak dapat menjelaskan fenomena kelucuan teks-teks tersebut. percakapan ini. Kedua, bahkan ketika berhadapan dengan lelucon percakapan, teori prinsip kerja sama tidak berlaku untuk lelucon dimana humor diciptakan oleh beberapa fitur linguistik lainnya. Dengan demikian, teori prinsip kerja sama tidak mampu menjelaskan semua situasi lucu.
Dalam hal interaksi antara analisis retorika dan pragmatik, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara strategi pragmatik dan retorika untuk menghasilkan humor yang terdapat dalam teks-teks lelucon di atas. Kedua pendekatan ini secara bersama-sama dapat memberikan gambaran humor yang lebih koheren dalam data. Maksim berkerja sama dengan teknik retorika tertentu dalam data. Pelanggaran terhadap maksim Kualitas bekerja sama dengan penghinaan (insult) dan sarkasme, tanggapan (repartee), hal melebih-lebihkan (exaggeration) dan absurditas. Pelanggaran terhadap maksim Kuantitas cenderung terjadi bersamaan dengan bombast, sarkasme, insult, absurditas, dan kesalahan (mistake). Pelanggaran terhadap maksim Relevansi memiliki rekanan yang jelas dengan absurditas dan repartee juga ditemukan. Pelanggaran terhadap maksim Manner terjadi bersama dengan berbagai teknik, termasuk, misalnya, bombastis, absurditas, repartee, dan exaggeration.
Kesimpulannya, strategi retorika adalah alat yang kuat karena penyimpangan yang menjadi ciri sarana retorika dikombinasikan dengan perangkat pragmatis dalam penciptaan humor dalam teks lelucon yang diteliti. Pragmatik dan retorika memiliki persamaan dan perbedaan. Keduanya berhubungan dengan strategi wacana humor yang mengungkapkan makna berdasarkan konteks, dan bekerja sama dalam interaksi dan komunikasi antarpribadi dalam hal niat/maksud dan harapan. Meskipun pragmatik dan retorika memiliki perbedaan dalam fokus analisis, mereka saling melengkapi dalam proses argumentasi tertentu. Dengan demikian, pendekatan retorika pragma dapat difungsikan sebagai alat sistematis untuk analisis kontekstualisasi diskursif humor yang multi-level.
Kata kunci: mekanisme humor verbal, lelucon, analisis pragmatik dan retorik
ABSTRACT
Rochmawati, Dyah. 2018, Verbal Humor Mechanism of Short Joke Texts: A Pragma-Rhetorical Analysis. Dissertation. English Language Education Department. Post Graduate Program. Universitas Negeri Surabaya. Promoter: Prof. Fabiola D. Kurnia, M.Pd., Co-promoter: Suharsono, M.Phil., Ph.D.
This study is aimed at describing the language phenomena that created humor in the selected written joke texts viewed from the rhetorical and pragmatic approaches. The objectives of this study are to describe: (1) the kinds of rhetorical strategies based on Attardo’s General Theory of Verbal Humor used in the selected joke texts to create humor (2) the kinds of pragmatic strategies based on Grice’s Cooperative Principles used in the selected joke texts to create humor, and (3) how both rhetorical and pragmatic strategies interplay to create humor in the selected joke texts.
The study applied a qualitative content analysis since it emphasized on describing language phenomena in humor. The data were in the form of utterances. The source of data was the joke texts of Reader’s Digest magazines. The main instrument of the study was the researcher herself. After being collected, the data were categorized and analyzed based on the types of rhetorical strategies and interactions that did not obey the maxims of Grice’s Cooperative Principles. To enhance trustworthiness of the data in this study, the investigator triangulation and the use of different sources were applied.
The study revealed several findings. The selected joke texts being investigated in this study use various rhetorical means by which those joke texts used them in the creation of humor. A variety of manipulative and rhetorical tools at the phonological, syntactic, lexical, semantic, and pragmatic levels were deployed in the texts. Rhetorically, in accordance with Attardo’s General Theory of Verbal Humor (2001), the humorous instances in the selected texts applied the sources of knowledge that include (1) script opposition, (2) the logical mechanism, (3) the situation, (4) the target, (5) the narrative strategies; and, finally, (5) the language that fueled the generation of the jokes. From this pragmatic perspectives, there were five ways in which the maxims were not observed in the selected jokes, they are: (1) flouting a maxim, (2) violating a maxim, (3) opting out a maxim, (4) infringing a maxim, and (5) suspending a maxim according to Grice’s four maxims of the cooperative principles (1975) applied to humorous utterances in the jokes. However, the results revealed that not all of the humorous phenomena can be explained by the cooperative principle. First, the theory of cooperative principle is usually used to infer conversational implicatures. It is almost out of place when confronted with the joke that is not in conversational form. Second, even when dealing with the conversational jokes, the theory of cooperative principle is not so applicable to the jokes when humor is created by some other linguistic features. Thus, the theory of cooperative principles is not capable of explaining all the humorous situations.
In light of the interplay of the rhetorical and pragmatic analysis, there was the relation between the pragmatic and the rhetorical strategies of humor used in the study. They together bring forward a more coherent picture of the humor in the data. Together Pragmatics and rhetoric were able to answer the question of how humor in the selected jokes was created. Humor occurred when the speaker broke the maxims by employing the rhetorical strategies. The maxims co-occurred with certain rhetorical techniques in the data. The violation of the maxim of Quality has a clear counterpart often with insults and sarcasm, repartee, exaggeration and absurdity. The violation of Quantity tends to occur together with exaggeration, repartee, sarcasm, insult, absurdity and mistake. Violating the maxim of Relevance has a clear counterpart in absurdity and repartees are found also. The violation of the maxim of Manner occurs together with a variety of techniques, including, for example, bombast, absurdity, repartee and exaggeration. Furthermore, the flouting of quality maxim co-occurred with exaggeration, sarcasm, allusion, irony, ridicule, definition and satire; whereas the flouting of manner maxim co-occurred with definition, bombast, insult, and pun/wordplay. In addition, the flouting of quantity maxim co-occurred with exaggeration and bombast. Meanwhile, the flouting of relation maxim could co-occurred with facetiousness and repartee.
In conclusion, the rhetorical strategies were powerful tools because of the deviation that characterizes rhetorical means combined with pragmatic devices in the creation of humor in the selected joke texts. To create humor, a speaker breaks a maxim by using a rhetorical technique. At the meantime, the rhetorical strategies bring together incongruous pragmatic meanings to generate humorous effects. Pragmatics and rhetoric display a range of similarities and differences in that both deal with humorous discourse strategies that reveal context-situated meaning, and the co-performance of interpersonal relationships in terms of intentions and expectations. Even though pragmatics and rhetoric display differences in analytical focus, they complement each other, through specific argumentation processes. The pragma-rhetorical approach thus provides systematic tools for a multi-level analysis of discursive contextualization of humor.
Keywords: verbal humor mechanism, joke, pragmatic and rhetorical analysis